PERAN YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM MIFTAHUL HUDA (YAPIM) DALAM BIDANG SOSIAL KEAGAMAAN DI KECAMATAN PENAWANGAN TAHUN 1990-2021

SABTIANSYAH, VINDA AULIA (2021) PERAN YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM MIFTAHUL HUDA (YAPIM) DALAM BIDANG SOSIAL KEAGAMAAN DI KECAMATAN PENAWANGAN TAHUN 1990-2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
32501500165_fulltextpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Islam hadir dari bagian-bagian terluar di pulau Jawa, lambat laun menyebar merata ke seluruh pelosok daerah dan pedalaman. Penyebaran Islam membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Penelitian ini membahas tentang Sejarah Peradaban Islam yang terjadi di Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Untuk mendeskripsikan pokok permasalahan, peneliti memberikan rumusan masalah sebagai berikut: Sejarah Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Huda (YAPIM) di Kecamatan Penawangan serta Peran Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Huda dalam Bidang Sosial Keagamaan di Kecamatan Penawangan tahun 1990-2021. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian berjudul “Peran Yayasan Pendidikan Islam Miftahul Huda (YAPIM) dalam Bidang Sosial Keagamaan di Kecamatan Penawangan Tahun 1990-2021” ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah membentuk yayasan maupun menjabat dalam pemerintahan akan menjadi kendaraan ibadah jika diniatkan untuk beribadah kepada Allah Ta’ala, sebagai alat untuk berdakwah atau mengajak masyarakat untuk mengingat Allah melalui kegiatan-kegiatan yang diprogramkan maupun dari fasilitas-fasilitas yang dimanfaat untuk kehidupan sosial keagamaan masyarakat. Inspirasi kisah masa lalu dan keputusan-keputusan yang diambil dari ulama tahun ke tahun merupakan peristiwa sejarah yang polanya sama dan terus berulang sehingga dengan begitu didapatkan catatan peradaban islam yang terstruktur dan penting untuk khazanah keilmuwan bagi umat mendatang. Peran Yayasan perlu dituliskan untuk referensi dalam menjalankan yayasan-yayasan islam di berbagai daerah. Sejarah hidup para pendiri Yayasan dan tokoh-tokoh yang berpengaruh untuk dibukukan bukan hanya melalui Word Of Mouth (WOM) saja agar sikap dan nasehat yang pernah diberikan dapat diteladani oleh generasi selanjutnya. Kepada pemerintah untuk memperhatikan potensi-potensi wisata religi dan bersejarah di area makam para ulama, agar terawat dengan baik dan tidak kehilangan jejak bersejarah. Kata Kunci: Peran yayasan, Sosial, Keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 02:43
Last Modified: 19 Jul 2022 02:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24603

Actions (login required)

View Item View Item