PERAN KEPOLISIAN DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi Kasus Kepolisian Resor Kendal )

Cahyani, Evari Indah (2021) PERAN KEPOLISIAN DALAM PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi Kasus Kepolisian Resor Kendal ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800144_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Kepolisian dalam Penanggulangan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika yang Dilakukan oleh Anak (Studi kasus Kepolisian Resor Kendal)”bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan oleh pihak Kepolisian Resor Kendal dalam penanggulangan tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh anak , mengetahui kendala-kendala yang di hadapi Kepolisian Resor Kendal dalam menanggulangi tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh anak. Metode pendekatan ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu penelitian yang mengkaji mengenai ketentuan hukum yang berlaku dan yang terjadi dimasyarakat ,yang menggunakan data primer, data sekunder, dan data tersier. Sumber data yang diperoleh yaitu melalui penelitian lapangan (wawancara) dan penelitian pustaka. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat di tarik kesimpulan peran Kepolisian dalam penanggulangan tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh anak meliputi dua peran yaitu peran preventif dan peran represif . Peran preventif yang dilakukan oleh Kepolisian yaitu dengan cara penyuluhan di lingkungan sekolah, memberikan pengertian akan bahaya narkotika. Melakukan razia-razia ke sekolah, melakukan penjagaan di tempat-tempat yang merupakan akses transportasi dari satu daerah ke daerah lainnya. Sedangkan peran represif yang dilakukan oleh Kepolisian yaitu dengan menggunakan sistem Restorative Justice,pemikiran yang merespon pengembangan sistem peradilan pidana dan menitik beratkan kepada kebutuhan masyarakat dan korban yang dirasa tersisihkan dengan mekanisme yang bekerja pada sistem peradilan pidana yang ada. Untuk kendala nya sendiri Kepolisian mempunyai kendala pada personilnya atau sumber daya manusianya, karena tidak semua polisi mengenal jenis dan bentuk narkotika. Juga kurangnya peralatan yang digunakan untuk penyidikan. Bahkan kekurangan biaya anggaran pada penyidikan sehingga masih minta bantuan dengan lembaga-lembaga yang terkait pada proses penyidikan. Kata kunci : Peran, Kepolisian, Pencegahan, Penanggulangan, Tindak Pidana, Penyalahguna, Narkotika, Anak .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jul 2022 01:43
Last Modified: 19 Jul 2022 01:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24583

Actions (login required)

View Item View Item