STRATEGI PENGGUNAAN UMPAN BALIK “CLICKBAIT” PADA JUDUL BERITA TRIBUN JATENG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA KHALAYAK (Studi Deskriptif Kualitatif di Tribun Jateng)

Wibowo, Rizki (2021) STRATEGI PENGGUNAAN UMPAN BALIK “CLICKBAIT” PADA JUDUL BERITA TRIBUN JATENG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA KHALAYAK (Studi Deskriptif Kualitatif di Tribun Jateng). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
32801700029_fulltextpdf.pdf

Download (28MB)

Abstract

Tekhnologi komunikasi dan informasi terus mengalami perkembangan. Penyebaran informasi yang semakin cepat menyebabkan industri media semakin bersaing untuk memenuhi kebutuhan khalayak. Para pelaku industri media massa dalam melakukan usaha pembuatan berita di media sosial dan website tersebut dilakukan dengan cara menerapkan strategi clickbait atau umpan balik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi penggunaan umpan balik “clickbait” pada judul berita Tribun Jateng untuk meningkatkan minat baca khalayak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan studi pustaka. Penilitian ini menggunakan teori komunikasi massa, jurnalistik online, persaingan bisnis, dan umpan balik (clickbait). Hasil dari penelitian ini adalah Tribun Jateng terus mengoptimalkan penyajian berita melalui media online seperti jejaring sosial dan juga website. Tribun Jateng dalam melakukan startegi umpan balik biasa disebut juga dengan jebakan klik yaitu dengan menggunakan link tautan judul berita media online atau situs berita yang dibuat sedemikian rupa sehingga menarik untuk membuat penasaran dan diklik oleh pembaca. Dalam menjangkau khalayak luas dengan cara melakukan strategi clickbait dengan teknik search engine optimization (SEO). Dalam pelaksanaanya Tribun Jateng dalam melakukan strategi clickbait dengan teknik SEO terdapat dua jenis berita, diantaranya: clickbait dalam berita redaksiaonal dan clicbait dalam berita advertorial. Dengan tujuan mendapatkan Key Performance Indicator (KPI) atau indikator kinerja kunci yang tinggi nantinya berguna untuk kepentingan beriklan. Selain itu SEO dapat menempatkan sebuah website pada posisi teratas hasil pencarian berdasarkan kata kunci atau keyword tertentu yang ditargetkan. Website yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Kata Kunci : Penggunaan Umpan Balik, Clickbait, Persaingan Bisnis, Minat Pembaca, SEO (Search Engine Optimization)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:11
Last Modified: 13 Jul 2022 06:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24560

Actions (login required)

View Item View Item