Triningrum, Fifi Oktaviani (2021) GAYA HIDUP DAN CITRA MEREK IPHONE 10 DAN 11 PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
32801700017_fulltextpdf.pdf Download (755kB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
Abstract
Salah satu merek smartphone terkenal yang beredar di pasar Indonesia yaitu Apple (iPhone) Inc yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2007. Apple (iPhone) merupakan salah satu perusahaan yang sangat berhasil menciptakan brand image yang kuat dan menjadi incaran atau pilihan terbaik oleh pelanggan setianya. Selain itu iPhone sering dianggap sebagai salah satu barang yang dapat menunjang gaya hidup seseorang. Hal ini terbukti dari tingginya pertumbuhan penjualan produk smartphone Apple yaitu iPhone hingga seri terbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup dan citra merek iPhone 10 dan 11 pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sultan Agung Semarang angkatan tahun 2017. Penelitian ini menggunakan teori Tindakan Beralasan (Theory of Reasoned Action). Jenis penelitian kali ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif serta metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara terhadap keenam informan yang menggunakan iPhone 10 dan 11. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan dari keseluruhan informan memiliki sikap yang tidak setuju terhadap anggapan pembelian iPhone karena gaya hidup. Pengaruh lingkungan pertemanan informan secara tidak langsung memberikan informasi mengenai fitur-fitur yang dimiliki iPhone apalagi kameranya yang terkenal di kalangan anak muda. Secara garis besar niat informan menggunakan iPhone adalah untuk menikmati fitur-fitur yang dihadirkan oleh perangkat iPhone sehingga memberikan kenyamanan pada penggunanya. Kenyamanan dan fitur-fitur canggih yang dimiliki perangkat iPhone inilah yang membangun citra positif di kalangan masyarakat. Citra merek yang positif sangat erat hubungannya dengan kesetiaan konsumen, kepercayaan konsumen terhadap nilai sebuah merek, dan konsumen akan dengan rela mencari merek tersebut bukan lagi hanya sekedar menggunakan karena gaya hidup dan gengsi. Kata Kunci : Gaya Hidup, Citra Merek, iPhone
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 06:10 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 06:10 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24558 |
Actions (login required)
View Item |