PENGARUH BRAND AMBASSADOR TWICE TERHADAP BRAND IMAGE DAN MINAT BELI PADA PRODUK KECANTIKAN SCARLETT (Studi Kasus Pada Remaja di Kota Semarang)

Fauzia, Anisa (2021) PENGARUH BRAND AMBASSADOR TWICE TERHADAP BRAND IMAGE DAN MINAT BELI PADA PRODUK KECANTIKAN SCARLETT (Studi Kasus Pada Remaja di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
32801700004_fulltextpdf.pdf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peningkatan persaingan pasar, menawarkan beberapa produk di pasaran untuk memenuhi persyaratan yang bertujuan terpenuhinya harapan konsumen. Setiap pemasar melakukan berbagai cara untuk menarik perhatian calon konsumen, salah satunya dengan memberikan informasi produk yang dijual. Penggunaan brand ambassador ialah salah satu cara yang dilakukan perusahaan agar terwujudnya peningkatan citra dan mencapai target penjualan. Untuk menjangkau konsumen dalam jumlah yang sangat luas, perusahaan mengandalkan tokoh populer sebagai brand ambassador-nya, salah satunya ialah girl group. Semakin populer seorang girl group, maka akan semakin luas pesan yang disampaikan. Salah satu girl group yang menjadi brand ambassador dari perusahaan yang saat ini sedang menarik perhatian masyarakat Indonesia ialah brand ambassador produk Scarlett Whitening yaitu Twice. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador Twice terhadap brand image dan minat beli pada produk kecantikan Scarlett. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan menggunakan paradigma positivisme. Dengan menggunakan teori SOR (Stimulus, Organism, Respons). Data yang diperoleh dihasilkan dari penyebaran kuesioner pada 100 resonden di Kota Semarang dan menggunakan rancangan sampling nonprobability dengan teknik purposive sampling. Perhitungan data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan uji t dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 28 sebagai alat uji data statistik. Dari hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa terbukti ada pengaruh brand ambassador Twice terhadap brand image dan minat beli pada produk Scarlett dan dinyatakan valid. setelah dilakukan pengujian r hitung > r tabel (0,1966), dan juga dinyatakan reliabel karena nilai alpha > cronbach alpha (0,60). Pengaruhnya sangat besar karena dari hasil uji analisis regresi linear sederhana dikatakan terdapat pengaruh positif dari variabel brand ambassador (X) terhadap brand iamge (Y1) dengan nilai koefisiensi regresi X sebesar 0,516. Selanjutnya terdapat juga pengaruh positif antara variabel brand ambassador (X) terhadap minat beli (Y2) dengan nilai koefisiensi regresi X sebesar 0.758. Keterbatasan penelitian ini ialah sampel yang masih belum dapat digeneralisasikan ke kelompok yang lebih besar, keterbatasan variabel dan informasi penelitian terlebih dahulu. Maka dari itu sebaiknya untuk peneliti selanjutnya sampel diperluas lagi ditambah variabel dan informasi yang meluas agar hasil penelitian bisa lebih jelas dan lebih baik. Kata kunci: Brand Ambassador, Brand Image, Minat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:08
Last Modified: 13 Jul 2022 06:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24556

Actions (login required)

View Item View Item