TINJAUAN YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP ORANG YANG BERTINDAK SEBAGAI KURIR NARKOTIKA (STUDI PUTUSAN NOMOR 114/Pid.Sus/2019/PN.Smg)

Jannah, Ayu Nur (2021) TINJAUAN YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP ORANG YANG BERTINDAK SEBAGAI KURIR NARKOTIKA (STUDI PUTUSAN NOMOR 114/Pid.Sus/2019/PN.Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800080_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)

Abstract

Meluasnya peredaran narkotika di seluruh wilayah Indonesia tanpa memandang gender, usia maupun status sosial. Peredaran narkotika tidak terlepas dari kurir narkotika sebagai perantara narkotika yang mempermudah para bandar dalam mengedarkan narkotika. Orang menjadi kurir atau perantara narkotika karena faktor ekonomi, pendidikan rendah, kurangnya ketrampilan, banyaknya uang yang dihasilkan dalam waktu singkat bahkan adanya ancaman dari para bandar narkotika. Banyak kurir narkotika mendapatkan hukuman yang cukup berat, padahal kurir narkotika belum tentu aktor utama dalam peredaran gelap narkotika dan sesungguhnya juga harus melihat latar belakang terjadinya tindak pidana narkotika. Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengetahui pengaturan tindak pidana narkotika di Indonesia yang berkaitan dengan perantara narkotika berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika di Indonesia dan untuk mengetahui bentuk pertanggungjawaban pidana terhadap orang bertindak sebagai kurir narkotika, serta mengetahui hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku perantara narkotika atau kurir narkotika dalam putusan nomor 114/Pid.Sus/2019/PN.Smg. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif, yakni dilakukan dengan cara meneliti, menganalisis, menelaah teori, konsep, asas hukum serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini. Spesifikasi penelitian ini menggunakan deskriptif analitis, yaitu dengan melakukan pendeskripsian terhadap penelitian dari data yang diperoleh serta menggunakan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan putusan nomor 144/Pid.Sus/2019/PN.Smg. Sumber data penelitian ini adalah sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari studi kepustakaan dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tindak pidana narkotika berkaitan dengan kurir narkotika dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika diatur dalam Pasal 112, 114, 119, 124, 129, 130, serta 132 dengan sanksi pidana yang diancamkan berbeda-beda tergantung jenis golongan narkotika, beratnya narkotika dan bentuk narkotika, bahkan subyek hukumnya. Bentuk pertanggungjawaban pidana orang menjadi perantara dalam jual beli narkotika pada putusan nomor 114/Pid.Sus/2019/PN.Smg berupa pidana penjara 6 tahun dan pidana denda Rp.1.000.000.000 (satu milyar rupiah) subsidair pidana penjara 3 bulan, serta tidak mengajukan perlawanan terhadap putusan berupa banding maupun kasasi. Kata Kunci: Kurir, Pertanggungjawaban pidana, Tindak pidana narkotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:27
Last Modified: 13 Jul 2022 04:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24544

Actions (login required)

View Item View Item