PROSES PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah)

Buana, Arjuna Cahya (2021) PROSES PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Kasus di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800069_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Perkembangan teknologi mengantarkan masyarakat menuju globalisasi telekomunikasi media dan informatika. Salah satu jenis media elektronik yang digunakan hampir semua kalangan adalah media sosial. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui proses penyidikan tindak pidana pencemaran nama baik yang dilakukan melalui media sosial di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah dan mengetahuitentang kendala dan solusi penyidik dalam menanganikasus tindak pidana pencemaran nama baik yang dilakukan melalui media sosial. Metode Penelitian pada penulisan skripsi ini adalah dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis yaitu pendekatan dengan melihat sesuatu kenyataan hukum di dalam masyarakat. Pendekatan sosiologi hukum merupakan pendekatan yang digunakan untuk melihat aspek-aspek hukum dalam interaksi sosial di dalam masyarakat, dan berfungsi sebagai penunjang untuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi temuan bahan non hukum bagi keperluan penelitian atau penulisan hukum. Hasil penelitian dari permasalahan tindak pidana pencemaran nama baik melalui media sosial diatur dalam Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Semakin berkembangnya kejahatan dalam dunia teknologi diharapkan masyarakat serta pemerintah bersama-sama untuk mempelajari akan kejahatan cyber crime khusunya pencemaran nama baik melalui media sosial serta dampaknya sehingga dapat lebih berhati-hati dalam menggunakan sosial media. Pemerintah diharapkan dapat bertindak tegas dalam menangani kasus yang telah ada di Indonesia. Serta patuh akan UU yang mengaturnya. Kata Kunci: Penyidikan, tindak pidana, pencemaran nama baik, media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:12
Last Modified: 13 Jul 2022 06:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24541

Actions (login required)

View Item View Item