PENGARUH PEMBERIAN PROPOLIS TERHADAP KERUSAKAN SEL PARU Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang di induksi Timbal

Rahayu, Dwi Purbo (2013) PENGARUH PEMBERIAN PROPOLIS TERHADAP KERUSAKAN SEL PARU Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang di induksi Timbal. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
012095884_fulltext.pdf

Download (3MB)

Abstract

Plumbum (Pb) atau timbal merupakan salah satu unsur logam berat yang dapat menyebabkan toksik pada tubuh. Pb yang masuk ke dalam tubuh manusia melalui jalur pernafasan berpotensi toksik pada sel-sel paru akibat meningkatnya pembentukan radikal bebas dan penurunan sistem antioksidan di jaringan. Propolis telah diketahui bersifat antioksidan, sehingga ada peluang mampu mereduksi kerusakan sel paru yang rusak akibat toksisitas Pb. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pemberian propolis terhadap kerusakan sel paru tikus jantan yang diberi Pb. Penelitian eksperimental dengan rancangan Post test only control group design dilakukan selama 30 hari menggunakan 25 ekor tikus putih jantan galur wistar yang dibagi 5 kelompok secara acak. Kelompok I diberi aquadest, kelompok II diberi timbal 10mg/kgbb, kelompok III diberi timbal 10mg/kgbb dan propolis 0,01ml, kelompok IV diberi timbal 10mg/kgbb dan propolis 0,02ml, kelompok V diberi timbal 10mg/kgbb dan propolis 0,04ml. Derajat kerusakan sel paru dinilai dari penebalan dinding septum interalveolare dan nekrosis yang dianalisis dengan uji Kruskal-Wallis dilanjutkan uji Mann-Whitney. Hasil rerata jumlah kerusakan paru pada kelompok I, II, III, IV, V masing-masing adalah 0,04; 1,00; 0,44; 0,16; dan 0,16. Analisis uji Kruskal-Wallis menunjukkan perbedaan yang signifikan antar kelompok penelitian (p<0.001). Uji Mann-Whitney menunjukkan perbedaan signifikan (p<0,05) antara KI dengan KII, KI dengan KIII, KII dengan KIII, KII dengan KIV, KII dengan KV, KIII dengan KIV, KIII dengan KV. Disimpulkan bahwa pemberian propolis berpengaruh dalam mencegah kerusakan sel paru akibat induksi timbal. Kata kunci: Pb, propolis, kerusakan sel paru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:47
Last Modified: 12 Sep 2022 02:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24537

Actions (login required)

View Item View Item