PENGARUH PRODUCT PLACEMENT DAN BRAND IMAGE LANCOME DALAM DRAMA KOREA START UP TERHADAP AUDIENCE RECALL PADA FOLLOWERS AKUN TWITTER @K_DRAMAINDO

Nafisah, Ainun (2021) PENGARUH PRODUCT PLACEMENT DAN BRAND IMAGE LANCOME DALAM DRAMA KOREA START UP TERHADAP AUDIENCE RECALL PADA FOLLOWERS AKUN TWITTER @K_DRAMAINDO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
31001600354_fulltextpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Product placement merupakan sebuah aktivitas komunikasi pemasaran dengan menempatkan sebuah produk melalui film atau drama. Namun penempatan produk yang tidak sesuai dapat mempengaruhi citra produk atau tidak ada jaminan audience sadar terhadap produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh product placement dan brand image Lancome dalam drama Korea Start Up terhadap audience recall pada followers akun twitter @K_DramaIndo. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dengan paradigma positivisme dan termasuk tipe penelitian survey. Teori yang digunakan adalah teori AIDDA. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuesioner pada sampel sampel 100 responden yang mengikuti akun twitter @K_DramaIndo dan sudah menonton drama Korea Start Up. Hasil penelitian menunjukkan pengujian validitas semua item pertanyaan dinyatakan valid, sedangkan pada hasil uji reliabilitas, nilai alpha pada product placement 0,878, brand image 0,890, dan audience recall 0,879. Hasil perhitungan secara simultan, product placement dan brand image memliki pengaruh pada audience recall karena nilai Sig. F Change sebesar 0,000 atau < 0,05. Sedangkan nilai R (Koefisien Korelasi) sebesar 0,805 maka bisa disimpulkan tingkat hubungan antara product placement dan brand image terhadap audience recall secara simultan memiliki hubungan yang sangat kuat karena berada di koefisien korelasi antara 0,80 – 1,00. Kata Kunci: Product Placement, Brand Image, Audience Recall

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:15
Last Modified: 13 Jul 2022 04:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24527

Actions (login required)

View Item View Item