YOUTUBE DAN PENGALAMAN KOMUNIKASI DIGITAL PADA PROSES PEMBELAJARAN SANTRI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Fenomenologi Pengalaman Komunikasi Digital Santri Pondok Pesantren Asshodiqiyah Semarang)

Sabtiansyah, Vinda Aulia (2021) YOUTUBE DAN PENGALAMAN KOMUNIKASI DIGITAL PADA PROSES PEMBELAJARAN SANTRI DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Fenomenologi Pengalaman Komunikasi Digital Santri Pondok Pesantren Asshodiqiyah Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31001400255_fulltextpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)

Abstract

Komunikasi melalui tatap muka secara langsung sudah tak mampu dilakukan, karena terlalu beresiko bagi penularan COVID-19. Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk tetap dapat melakukan komunikasi interpersonal melalui komunikasi digital menggunakan jaringan internet. Begitu pula yang terjadi di Pondok Pesantren Asshodiqiyah Semarang. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengalaman komunikasi digital santri yang melakukan proses pembelajaran melalui media Youtube di Pondok Pesantren Asshodiqiyah Semarang, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, bersifat deskriptif kualitatif, dimana prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang yang diperlukan dan dapat diamati. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Fenomenologi menekankan interpretasi untuk memperoleh pemahaman struktur eksistensial dari suatu fenomena dan kemudian fenomena tersebut tampil sebagai dirinya sendiri (appears or presents itself). Komunikasi dapat dilakukan melalui media digital. Begitu pula di masa pandemi Covid-19, manusia mengalami ketergantungan pada media digital untuk melakukan komunikasi. Youtube merupakan new media yang dijadikan pilihan untuk kegiatan berkomunikasi skala besar seperti pembelajaran online oleh santri. Fenomena Covid-19 membawa pengalaman komunikasi yang baru bagi para santri Youtube sebagai media baru masih memiliki kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya sebagai media komunikasi digital di masa pandemi Covid-19, meskipun fitur-fitur yang dimiliki sudah sangat mendukung proses komunikasi massa maupun interpersonal. Ketergantungan media dirasakan oleh institusi Pesantren dan para santri karena faktor bencana alam skala besar atau pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua kegiatan berkomunikasi melalui media digital termasuk kegiatan pembelajaran yang harus diberikan pesantren kepada santri. Setiap santri mungkin memiliki pengalaman pembelajaran daring yang sama, namun setiap santri memaknai pengalaman komunikasi digitalnya dengan berbeda-beda. Pengalaman satu orang dengan orang yang lain berbeda maknanya, begitu pula suka duka dan aspek yang mempengaruhinya dalam berkomunikasi digital yaitu tanggapan, reaksi dan relasi. Kata Kunci: Youtube, Pengalaman Komunikasi, Komunikasi Digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:09
Last Modified: 13 Jul 2022 06:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24519

Actions (login required)

View Item View Item