PERAN POLISI LALU LINTAS DALAM PELAKSANAAN ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORCEMENT DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR SALATIGA

Setiyaningtiyas, Aning Anindita (2021) PERAN POLISI LALU LINTAS DALAM PELAKSANAAN ELECTRONIC TRAFFIC LAW ENFORCEMENT DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR SALATIGA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800059_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)

Abstract

Pada dasarnya Polisi Lalu Lintas bertanggung jawab untuk mengatur, membantu, dan menjaga agar lalu lintas di jalan raya bekerja tanpa hambatan dan produktif. Transportasi yang mencakup pengembangan teknologi atau produk pada dasarnya telah dikenal secara normal karena masyarakat telah nyaman dengan teknologi, meskipun pengembangan atau pengembangan itu sendiri diselesaikan dengan cara yang sangat mendasar. Berkaitan dengan kemajuan lalu lintas, dewasa ini pemanfaatan teknologi dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, khususnya dalam meringankan pekerjaan manusia, baik pekerjaan berat maupun pekerjaan ringan. Sebuah ilustrasi inovasi yang dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah pemanfaatan digitalisasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Polisi Lalu Lintas dalam pelaksanaan Electronic Traffic Law Enforcement dan hambatan apa saja yang dialami oleh kepolisian Lalu Lintas serta solusi yang dilakukan oleh Kepolisan Lalu Lintas dalam Pelaksanaan Elektronic Traffic Law Enforcement di wilayah hukum Kepolisian Resor Kota Salatiga. Sedangkan manfaat dari penelitian ini untuk memberikan pemahaman mengenai Peranan Polisi Lalu Lintas dalam meningkatkan kesadaran hukum terhadap pelaku pelanggaran Lalu Lintas dan masyarakat. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penilititian yang memaparkan berbagai data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode interaksi dengan tahap-tahap analisis data adalah mengumpulkan data, reduksi data, analisis dan penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa POLRES Salatiga telah melakukan upaya untuk memaksimalkan kamtibmas dengan diadakanya sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ELTE) yang dapat memonitor semua pelanggaran Lalu Lintas melalui kamera CCTV yang dimiliki SATLANTAS namun dalam pelaksaanannya Kamera ETLE yang terpasang tidak menjangkau ke semua titik rawan kemacetan, anggaran yang tersia untuk kamera ETLE juga terbatas dan masih kurangnya koordinasi POLRES dengan instansi lainnya sehingga menghambat proses pemantauan ETLE serta kurangnya SDM yang profesional. Dengan memperbanyak pemasangan kamera ETLE di Salatiga disetiap perempatan yang rawan kemacetan dan pelanggaran, menertipkan kendaraan-kendaraan illegal, memperluas hasil kerja tentang tilang elektronik, sehingga dapat meningkatkan kemampuan pengoperasian ETLE serta dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap POLRI khususnya SATLANTAS POLRES Kota Salatiga. Kata Kunci: Polisi, Lalu Lintas, Electronic Traffic Law Enforcement.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:00
Last Modified: 13 Jul 2022 02:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24512

Actions (login required)

View Item View Item