ANALISA STRATEGI PEMASARAN RUBBER ROLLER PADA CV. WAHANA SAKTI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BERDASARKAN ANALISA SWOT

Triharianato, Rachmat (2001) ANALISA STRATEGI PEMASARAN RUBBER ROLLER PADA CV. WAHANA SAKTI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BERDASARKAN ANALISA SWOT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04976077_fulltext.pdf

Download (16MB)

Abstract

Sejak munculnya perusahaan baru yang bergerak dalam bidang yang sama, persaingan akan penjualan jasa dan produksi karet roll semakin ketat. Mclihat perckonomian Indonesia yang masih labil saat ini, kebutuhan akan karet roll tidak mengalami perubahan hal ini dikarenakan karet roll merupakan produk penunjang dalam proses produksi. Mengingat kebutuhan akan karet roll yang semakin meningkat dan untuk menghadapi persaingan pasar, maka CV, Wahana Sakti yang berdiri sejak 1987, telah mengalami ekspansi yang dilakukan diseluruh wilayah Jawa Tengah juga sampai keluar daerah Jawa Tengah. Oleh sebab itu CV. Wahana Sakti harus dapat menetapkan keputusan akan strategi pemasaran roll karet untuk menghadapi berbagai persaingan yang ketat tersebut Analisa GE-McKinsey, merupakan alat analisa yang digunakan untuk mengetahui posisi perusahaan sebenarnya dalam persaingan. Analisa ini penting dilakukan scbelum perusahaan menetapkan strategi apa yang seharusnya dibuat dan ditetapkan. Strategi pemimpin pasar yang ditunjukkan oleh matrik GE-McKinsey, dengan kekuatan yang berada pada posisi tinggi serta daya tarik yang berada pada posisi tinggi pula, tentunya akan berbeda strategi dengan perusahaan yang berada pada sel pertumbuhan atau yang lainnya. Setelah dilakukan analisa mengenai faktor internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan perusahaan serta faktor internal yang meliputi ancaman dan peluang, yang semuanya didapat dari hasil kuesioner dan wawancara, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat stratg serta mcnetapkan kebijakan akan strategi yang dibuat. Pembuatan formulasi strategi ini dilakukan dengan menggunakan Matrik SWOT, Dengan memasukkan berbagai faktor, diantaranva memaksimalkan kekuatan yang dimiliki yaitu marketing mix serta meminimalkan kelemahan dan faktor eksternal yaitu adanya ancaman yang dapat diantisipasi sejak awal serta peluang yang harus dapat ditang.kap untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kombinasi yang dapat diambil dalam matrik SWOT ini ada 4, diantaranya, S-O Strategi, yaitu bagaimana memaksimalkan kekuatan untuk menangkap peluang yang ada. S-T Strategi, yaitu bagaimana memaksimalkan kekuatan untuk mengurangi ancaman. WO Strategi, yatu bagaimana meminimalkan kelemahan untuk dapat menangkap peluang yang ada. Serta WT Strategi, yaitu bagaimana meminimalkan kelemahan untuk mengurangi ancaman yang ada Dari analisa data yang diperoleh menunjukkan bahwa CV Wahana Sakti menempati pada posisi pemimpin pasar, yaitu dengan menempati sel kekuatan yang tinggi dengan kombinasi daya tarik industri yang tinggi pula.Dari posisi ini didapat bahwa pertumbuhan CV, Wahana Sakti sangatposat, adanya dominasi dari penjualan roll karet serta adanya investasi yang maksimum untuk melakukan ekspansi perusahaan. Sedangkan dari analisa SWOT, diperoleh hasil bahwa alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh CV Wahana Sakti adalah strategi Integrasi Horisontal, dimana strategi ini dilakukan dengan cara ckspansi perusahaan keluar wilayah yang belum terdapat cabangnya, serta adanya penambahan lini produk yang dijual dengan tujuan untuk menambah alternatif konsumen, yang memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian lagi. Setesah strategi ditetapkan maka langkah terakhir adalah membuat program, dimana program ini mnerupakan suatu rencana yang dibuat untuk melaksanakan stratcgi yang bertujuan untuk mencapai tujuan perusahaan Sedangkan program yang paling pokok yang dapat diterapkan adalah tetap melakukan ckspansi perusahaan adanya peningkatan kualitas SDM, sebagai dasar untuk menjalankan strategi yang telah ditetapkan. Suatu progaram dapat berjalan dengan baik apabila dilakukan dengan prosedur yang ada pada CV, Wahana Sakti serta adanya kcbijakan penetapan anggaran bagi kelancaran jalannya program terscbut. Schingga fungsi manajemen yaitu planning, organizing, actuating dan controlling dapat dijalankan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:00
Last Modified: 13 Jul 2022 02:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24511

Actions (login required)

View Item View Item