PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) AKIBAT PANDEMI COVID19 BERDASARKAN UU NO.13 TAHUN 2003 JO UU NO.11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA ( Studi Kasus PT GLOBAL SKY AVIASI Kendari, Sulawesi Tenggara)

Ramdani, Andi Tenri Mustika (2021) PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) AKIBAT PANDEMI COVID19 BERDASARKAN UU NO.13 TAHUN 2003 JO UU NO.11 TAHUN 2020 TENTANG CIPTA KERJA ( Studi Kasus PT GLOBAL SKY AVIASI Kendari, Sulawesi Tenggara). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800054_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)

Abstract

Indonesia dihadakan dengan banyak nya masalah terkait aspek ekonomi akibat Covid-19, sejak Februari 2020 pertumbuhan perekonomian mengalami penurunan drastis menyebabkan para pelaku usaha berada dalam kondisi krisis keuangan, sehingga sangat mempengaruhi dalam pengambilan keputusan. Salah satu yaitu dalam mempertahankan jumlah karyawan akan membebani keuangan perusahaan, Hal tersebut membuat perusahaan diharuskan mengeluarkan anggaran cukup besar apabila menghindari pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan. Maka dari itu Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana langkah yang baik dalam mengatasi pemutusan hubungan kerja/merumahkan karyawan tanpa melanggar aturan dari Undang-Undang No.11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja serta bagaimana peran pemerintah dalam melindungi karyawan yang sudah di PHK. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Yuridis Normatif dengan mengutamakan data sekunder seperti Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 dengan jenis penelitian Hukum Empris. Hasil peneltian menunjukkan perusahaan perlu melakukan rasionalisasi dengan mengurangi jumlah karyawan selama masa pandemi masih berlangsung dengan menyarankan agar pemerintah dapat mengusahakan bantuan Kartu Prakerja tepat sasaran. Dan apabila kondisi pemulihan ekonomi mulai kembali normal maka disarankan para pelaku usaha agar dapat kembali melakukan recruitmen dengan memprioritaskan tenaga kerja yang sebelummnya terdampak Covid-19 dapat bekerjan dan beraktivitas Kembali. Kata Kunci: Coivd-19,PHK,Dirumahkan,Force Majeure,Ketenagakerjaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:13
Last Modified: 13 Jul 2022 04:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24498

Actions (login required)

View Item View Item