ANALISIS DAUR HIDUP PRODUK DAN MATRIK PERTUMBUHAN PANGSA PASAR DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN ROKOK GENTONG GOTRI SEMARANG

Zulmaly, Deny (2001) ANALISIS DAUR HIDUP PRODUK DAN MATRIK PERTUMBUHAN PANGSA PASAR DALAM PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN ROKOK GENTONG GOTRI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04975948_fulltext.pdf

Download (16MB)

Abstract

Dalam situasi perekonomian menuju perdagangan bebas, setiap perusahaan dituntut untuk selalu mengadakan perencanaan strategik agar mampu bertahan hidup, berkembang dan mempunyai keunggulan bersaing dalam persaingan yang tengah terjadi Tujuan dari penetitian terhadap produk imi dilakukan untuk mengetahui bagaimana tahapan yang sedang dilalui oleh produk tersebut, dan mengetahui bagaimana posisi produk tersebut dalam pasar industri sebagat dasar untuk mengetahui strategr pemasaran apa yang tepat untuk produk tersebut Teoni yang dijadikan landasan analisis dari penelitian yaitu mengenai konsep dan strategi dari Daur Hidup Produk dan Matriks Pertumbuhan Pangsa Pasar Analisis penehitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan analisis Daur Hidup Produk dan analisis Matrikes Pertumbuhan Pangsa Pasar Hasil penehitian dengan menggunakan Daur Hidup Produk, pada tahun 2000 mengalami tahap kemunduran dalam siklus kehidupannya Alternatif strategi yang cocok adalah membangkitkan kembali penjualan produk atau perusahaan akan meningkatkan produk tersebut Hasil analisis Matriks Pertumbuhan Pangsa Pasar adalah produk SKM SKM" beroperasi pada pasar yang mempunyai pangsa pasar yang relatif rendah dan tingkat pertumbuhan pasar yang relatif tinggi. Dengan demikian, posisi produk tersebut dalam matniks ditempatkan pada posisi Question Mark Pada posisi ini strategi yang diterapkan adalah strategi membangun atau dihapuskan Berdasarkan penehitian dengan analisis Daur Hidup Produk dan analisis Matrikes Pertumbuhan Pangsa Pasar tersebut, maka dapat disimpukan bahwa strategi yang dapat diterapkan untuk produk adalah strategi membangkitkan lagi produk tersebut serta strategi membangun Pemilihan strategi ini dikarenakan produk tersebut ternyata beroperasi pada pasar yang tingkat pertumbuhannya relatif tinggi sehingga produk tersebut masih mempunyat peluang untuk berkembang dan meningkatkan pangsa pasarnya Strategi-strategi tersebut dapat diterapkan melalui penambahan investasi serta melalui upaya-upaya peningkatan pada variabel-variabel bauran pemasaran-nya Dengan demikian diharapkan posisi produk SKM" akan bergeser ke posisi star yaitu posisi pada tingkat pangsa pasar yang tinggi dan tingkat pertumbuhan pasar yang tinggi pula, dan siklus kehidupannya akan berulang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:07
Last Modified: 13 Jul 2022 06:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24474

Actions (login required)

View Item View Item