IMPLIKASI PENGAWASAN BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN TERHADAP KEBIJAKAN MAKANAN IMPOR DALAM MEWUJUDKAN PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi di BPOM Kota Semarang)

Eriawan, Ahmad Irsyad Naufal (2021) IMPLIKASI PENGAWASAN BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN TERHADAP KEBIJAKAN MAKANAN IMPOR DALAM MEWUJUDKAN PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi di BPOM Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30301800021_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)

Abstract

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan mempunyai tanggung jawab penuh dalam pengawasan peredaran makanan impor. Rumusan masalah dan tujuan pada penilitian ini yaitu Implikasi Bagaimana pengawasan yang dilakukan Badan Pengawas Obat dan Makanan terhadap peredaran makanan impor di Indonesia dalam mewujudkan perlindungan bagi konsumen dan Bagaimana Komposisi Label yang aman yang sesuai dengan aturan pada Makanan Impor. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan yaitu pendekatan yuridis sosiologis. Dalam Penelitian ini metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dengan Bagian Penindakan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di kota Semarang. Hasil yang pertama yaitu komposisi label yang aman harus memuat keterangan yaitu nama produk,daftar pangan yang digunakan, berat bersih, nama dan alamat pihak yang produksi dan mengimpor, halal bagi yang dipersyaratkan, tanggal dan kode produksi, keterangan kadaluwarsa, nomor izin edar dan asal usul bahan pangan tertentu. Dengan adanya standarisasi dapat dipastikan aman dikonsumsi tubuh konsumen. Lalu penelitian yang kedua menunjukan yaitu kegiatan Pengawasn yang dilaksanakan BPOM dipecah menjadi dua bagian yaitu ada Pre Market mempunyai pengertian pengawasan tersebut dilaksanakan sebelum makanan impor itu masuk ke Indonesia. Yang kedua ada Post Market yang mempunyai definisi pengawasan dilaksanakan setelah makanan impor itu masuk ke Indonesia. Kata Kunci : Implikasi, Pengawasan, Makanan Impor, Perlindungan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:07
Last Modified: 13 Jul 2022 06:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24473

Actions (login required)

View Item View Item