ANALISIS PARAMETER PEMILIHAN LAHAN PERLADANGAN SUKU DAYAK BUNSU (Studi Kasus : Dusun Air Durian, Desa Air Upas, Kecamatan Air Upas, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat)

Agustina, Shinta Dewi (2021) ANALISIS PARAMETER PEMILIHAN LAHAN PERLADANGAN SUKU DAYAK BUNSU (Studi Kasus : Dusun Air Durian, Desa Air Upas, Kecamatan Air Upas, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31201400617_fulltextpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)

Abstract

Pertanian ladang (swidden agriculture) merupakan aktifitas bercocok tanam pada lahan kering dengan memanfaatkan lahan hutan menggunakan cara tebas dan bakar. Perkembangan jaman membuat perubahan terhadap perladangan yang dipengaruhi oleh faktor eksternal (kebijakan, fluktuasi harga dan kepadatan penduduk) dan internal (peladang dan lahan). Memaksa masyarakat Suku Dayak Bunsu untuk mencari jalan keluar sebagai upaya bertahan hidup, hal ini yang mengakibatkan pola perladangan berubah dengan ditandai masa bera yang semakin pendek waktunya dan beberapa tidak melakukan perpindahan ladang kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis paremeter yang digunakan Suku Dayak Bunsu dalam pemilihan lahan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa parameter yang mempengaruhi pemilihan ladang adalah fisik, geomorfologi tanah, kekeluargaan, metafisik. Karakteristik lahan yang dipilih untuk dijadikan lahan perladangan Suku Dayak Bunsu adalah pada daerah sempadan aliran sungai yang memiliki jenis tanah inceptisol atau di tanah rawa, didukung dengan lokasi ladang dekat dengan keluarga dan tetangga. Kata Kunci : Perladangan, Faktor, Parameter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:07
Last Modified: 13 Jul 2022 04:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24433

Actions (login required)

View Item View Item