PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PIHAK DEBITUR YANG MELAKUKAN TRANSAKSI PINJAMAN ONLINE (STUDI KASUS PT BULAN PURNAMA SEMARANG)

Purwoko, Joko Setiyo (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PIHAK DEBITUR YANG MELAKUKAN TRANSAKSI PINJAMAN ONLINE (STUDI KASUS PT BULAN PURNAMA SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
30301609637_fullpdf.pdf

Download (695kB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Pada era globalisasi di masa milenial ini telah membawa dampak yang besar bagi seluruh sektor kehidupan manusia salah satunya adalah teknologi dan internet, Teknologi dan internet memiliki peran penting dalam menunjang segala aktivitas kehidupan manusia salah satunya pada bagian perekonomian yang memudahkan kegiatan manusia masa kini, namun hal ini terjadi dengan berbagai dampak yaitu dampak negativ dan positiv, permasalahan ini muncul semenjak dunia fintech (financial technology) berkembang pesat di era sekarang ini. Kegiatan ekonomi di era sekarang lebih mudah dilakukan karena dilakukan secara digital dan berbasis internet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketentuan pelaksanaan pinjam meminjam berbasis online, mengetahui bentuk kendala yang dialami dalam layanan pinjaman online serta solusinya, serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang bagaimana berlakunya pinjam meminjam berbasis online. Metode penelitian pengambilan data menggunakan metode pendekatan, spesifikasi penelitian, jenis dan sumber data, data primer, data sekunder yang diperoleh melalui bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, bahan hukum tersier.Metode pengumpulan data dikumpulkan melalui studi kepustakaan,studi lapangan, metode analisa data, yang diperoleh langsung dari obyeknya melalui waeancara dengan responden, kemudian data sekunder, data sekunder yang diperoleh melalui bahan kepustakaan, data sekunder berguna untuk mencocokan dengan data premier. Kesimpulan dari penelitian berisi prosedur atau tahap-tahap pinjaman online dari mulai langkah awal pengajuan pinjaman, pencairan pinjaman sampai penagihan pinjaman hingga kendala yang dialami oleh kedua belah pihak. Kendala yang dialami oleh pihak debitur jika pihak kreditur melakukan penyebaran data pribadi debitur,kendala yang dialami pihak kreditur jika pihak debitur tidak dapat memenuhi kewajibanya melakukan pembayaran tagihan. Kata kunci: Perlindungan Hukum, Kreditur, dan Debitur, Pinjaman Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:10
Last Modified: 13 Jul 2022 04:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24401

Actions (login required)

View Item View Item