ANALISIS PELAKSANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Gedung Workshop Politeknik Pekerjaan Umum Semarang)

Ardhana, M. Wahyu and Mahendra, M. Rijaluddin Agung Purwa (2021) ANALISIS PELAKSANAAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE JOB SAFETY ANALYSIS (JSA) (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Gedung Workshop Politeknik Pekerjaan Umum Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
30201604460_fulltextpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

Pembangunan Gedung Workshop merupakan tahap pertama dari rangkaian Pembangunan Gedung Politeknik Pekerjaan Umum Kota Semarang, dalam pelaksanaannya mempunyaii tingkati risikoi kecelakaani kerjai yangi cukup tinggi. Tujuani darii Penelitian ini yaitu mengetahuiifaktor-faktor risiko kecelakaanikerja yang terjadi pada proyek, menilai risiko-risiko mulai dari terendahisampaiitertinggi dan menentukanistrategi usulanipengendalianirisiko. Data dalam penelitian ini didapat melalui penyebaran kuesioner kepada Kontraktor jasa konstruksi yang terdiri atas Site Manager, Quality Control, Drafter, Administrasi, Logistik, Pelaksana, K3, Manajemen Konstruksi, Sub. Kontraktor, Pengawas serta Mandor di proyek tersebut. Untuk menentukan klasifikasi risiko Low, Medium, High, Very High dilakukan penilaian kemungkinan terjadi dan dampak risiko berdasarkan potensi bahaya dari setiap pekerjaan yang didapatkan melalui hasil kuisoner dan diambil prosentase tertinggi. Nilai kemungkinan terjadi risiko dan dampak risiko akan dianalisa berpedoman standar AZ/NZS 4360:2004 dengan menggunakan metode JSA (Job Safety Analysis). Hasil analisis dengan 24 tahapan kerja diperoleh jenis pekerjaan denan tingkat risiko paling rendah adalah pekerjaan pemasangan alluminium dengan nilai 2, sedangkan tingkat risiko paling tinggi adalah pekerjaan pengoperasian truck crane dengan nilai 20. PeraniK3 dalamipengendalianirisikoipadaiproyeki secaraikeseluruhanisudahidisesuaikan dengan metode rencana K3 padaidokumen proyek, padaipekerjaanistruktur para pekerja yang menggunakan APD helm masih kurang, untuk rompi para pekerjaijuga masihisangat kurang. Tetapiiuntuk pemakaianisepatu para pekerja sudahiada kesadaraniuntukimentaatinya. Upaya dalamiaspek pengendalianiterhadapipekerjaan yaituidengan memakai APD yang lengkapi(Helm, rompi, sarung tangan, kacamata, sepatu safety, masker), dan sering diadakan briefing safety talk, safety induction, safety patrol, evaluasi meeting, dan penyediaanirambu yang jelas, sertaipenataan peralatanikerjaiyang rapi. Kata Kunci : Risiko, Keselamatan Kerja, Kecelakaan Kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:06
Last Modified: 13 Jul 2022 04:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24374

Actions (login required)

View Item View Item