ANALISIS OPTIMASI PENJADWALAN PROYEK DAN EFISIENSI BIAYA PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG (Studi Kasus Pembangunan RSUD Ketanggungan Kabupaten Brebes)

Abidin, Khanif Fazal (2021) ANALISIS OPTIMASI PENJADWALAN PROYEK DAN EFISIENSI BIAYA PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG (Studi Kasus Pembangunan RSUD Ketanggungan Kabupaten Brebes). Masters thesis, Universitas Sultan Agung.

[img] Text
20201700018_fulltextpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)

Abstract

Pemerintah Daerah Kota Brebes melakukan peningkatan pemerataan taraf hidup dan derajat kesehatan masyarakat dengan pembangunan infrastruktur RSUD di Ketanggungan Kabupaten Brebes. Proyek yang sifatnya segera difungsikan maka harus selesai tepat waktu. Penjadwalan yang dipercepat tentunya akan mempengaruhi biaya pembangunan gedung tersebut. Maka perlu analisis penjadwalan yang optimal dan memilih item-item pekerjaan apa saja yang perlu dipercepat dengan menentukan Lintasan Kritis menggunakan PDM (Precendence Diagram Method) agar mendapatkan biaya yang efisien. Pengumpulan data didapat dari data primer dan data sekunder berupa catatan, arsip atau buku, misal jurnal penelitian, time schedule, laporan-laporan kegiatan proyek schedule, rencana anggaran biaya/RAB dan buku serta jurnal yang berhubungan dengan masalah yang sedang diteliti. Analisis data berdasarkan dari penjadwalan proyek/time schedule diuraikan ke dalam diagram network untuk menentukan percepatan waktu/durasi pelaksanaan dengan alternatif menambah jam kerja kemudian di hitung optimasi biaya yang di hasilkan. Percepatan menggunakan metode Crashing, metode Overlapping, dan metode Combine (Crashing dan Overlapping) dapat memperoleh hasil percepatan waktu/durasi 7 minggu (21 %) dan nilai optimasi biaya pelaksanaan sebesar Rp. 4.207.237.695,03 (7%), dari biaya pelaksanaan semula Rp. 58.557.390.571,00 menjadi Rp. 54.350.152.875,97. Kata kunci : optimasi, crashing, overlapping, combine

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:58
Last Modified: 12 Jul 2022 01:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24366

Actions (login required)

View Item View Item