ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUIHI LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP PRODUK JAMU KOMPLIT SIDO MUNCUL SEMARANG (Suatu Studi Kasus Di Kelurahan Bandarharjo Keeamatan Semarang Utara)

WAHYUNINGSIH, NUR (2003) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUIHI LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP PRODUK JAMU KOMPLIT SIDO MUNCUL SEMARANG (Suatu Studi Kasus Di Kelurahan Bandarharjo Keeamatan Semarang Utara). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04986433S_fulltext.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kesadaran masyarakat untuk "back to nature temyata juga memasuki bidang kesehatan, terutama industri obat - obat tradisional. Hal ini terlihat pada pesatnya perkembangan usaha jamu di Indonesia pada umumnya. Produk Jamu Komplit Sido Muncul merupakan salah satu produk dari PT. Jamu Sido Muncul yang lebih praktis, memiliki rasa yang enak serta tidak meninggalkan khasiat dari jamu tersebut. Variabel yang diteliti adalah strategi pemasaran yang terdiri dari (produk, harga, distribusi clan promosi) dan loyalitas konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 110 orang konsumen (responden), teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accindental sampling. Teknik analisis data dengan memakai perhitungan statistik yaitu persamaan regresi, analisis asumsi klasik, uji koefisien determinasi pengujian hipotesis, ( uji t dan uji F) dan regresi berganda. Berdasarkan hasil persamaan regresi berganda dapat dijelaskan bahwa peningkatan kualitas produk akan berpengaruh pada peningkatan loyalitas konsumen. Peningkatan harga akan berpcngaruh pada penurunan loyalitas konsumen. Peningkatan distribusi akan berpengaruh pada peningkatan loyalitas konsumen. Peningkatan promosi akan berpengaruh pada peningkatan loyalitas konsumen. Hasi1 uji F (Uji Simu1tan) menunjukkan hahwa variahel produk, harga, distribusi dan promosi secara bersama - sama berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada produk jamu komplit Sido Muncul. Besar pengaruh variabel produk, harga, distribusi dan promosi terhadap loyalitas konsumen adalah 78,9 % sedang sisanya 21,1 % dipengaruhi variabel lain diluar penelitian atau diluar model persamaan regresi. Variabel bebas yang memiliki pengaruh paling besar terhadap loyalitas konsumen produk jamu Komplit Sido Muncul adalah variabel produk, hal ini ditandai dengan nilai koefisien regresi yang paling besar (0,418). Model regresi terbebas dari penyakit regresi (asumsi klasik) yaitu multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi sehingga model persamaan mempunyai ketetapan yang tinggi untuk mengadakan pcramalan. Saran yang dapat diberikan adalah harga perlu dipertahankan, hal ini dimaksudkan agar loyalitas konsumen produk jamu komplit Sido Muncul Semarang senantiasa mengalami peningkatan. Produk ditingkatkan melalui peningkatan kemasan, yaitu kemasan dibuat lebih menarik, lebih simpel clan lebih kuat. Kondisi ini dimaksudkan agar konsumen lebih tertarik dengan kemasan yang mempunyai ciri tertentu serta dibuat lebih kuat dan lebih simpel. Hal yang tidak kalah penting adalah kualitas produk lebih ditingkatkan melalui keanekaragaman produk atau macam produk. Model promosi yang berbentuk iklan lebih ditingkatkan yaitu dengan memakai media periklanan yang beragam (koran, papan reklame, majalah, televisi dan radio), agar dapat menjangkau semua konsumen yang ada. Serta saluran distribusi perlu ditingkatkan yaitu, dengan memberi kemudahan konsumen untuk mendapatkan produk. Kemudahan ini perlu dilakukan dengan menawarkan produk di toko - toko atau warung - warung kecil yang strategis. Sehingga konsumen tidak mengalami kesulitan untuk mempero1eh produk jamu komplit Sido Muncul tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2022 07:53
Last Modified: 11 Jul 2022 07:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24359

Actions (login required)

View Item View Item