SISTEM PAKAR PENYAKIT KULIT PADA MANUSIA BERBASIS WEB DENGAN METODE FORWARD CHAINING (Studi Kasus: Rumah Sakit Islam Sultan Agung)

NOVYANDA, BELLA (2021) SISTEM PAKAR PENYAKIT KULIT PADA MANUSIA BERBASIS WEB DENGAN METODE FORWARD CHAINING (Studi Kasus: Rumah Sakit Islam Sultan Agung). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
32601400865_fulltextpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)

Abstract

Kulit adalah organ tubuh yang berfungsi sebagai pelapis tubuh manusia dari luar, sebagai indikator adanya masalah kesehatan pada tubuh manusia dan merupakan organ tubuh terluas pada tubuh manusia. Oleh karenanya sangat penting bagi manusia untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap berfungsi normal. Penyakit kulit memiliki banyak penyebab kemunculan diantaranya adalah virus, jamur dan infeksi. Ketiga faktor tersebut sangat erat hubungannya dengan suhu lingkungan dan kelembapan. Iklim tropis menjadi penyebab terbesar perkembangbiakan jamur dan virus, karena suhu yang lembap. Negara Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, sehingga dapat dipastikan masyarakat Indonesia hampir pernah menderita penyakit kulit, meskipun tidak ada dampak terhadap kematian, namun penyakit kulit memiliki dampak pengurangan pada segi penampilan serta kecacatan. Pembuatan sistem pakar ini ditujukan agar masyarakat awam dapat mengidentifikasi mandiri dari penyakit kulit. Metode yang dipakai yaitu wawancara, studi literatur yang didapat dari buku keilmuan dan jurnal yang telah dinyatakan kebenarannya oleh dua orang pakar dari RSI Sultan Agung semarang. Sistem ini dirancang berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP yang sederhana agar mudah dalam penambahan data baru. Kata Kunci: Sistem Pakar, Forward Chaining, Penyakit Kulit, Diagnosis Penyakit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:52
Last Modified: 12 Jul 2022 01:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24316

Actions (login required)

View Item View Item