Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pendidik dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus

Durrridlo, Wir (2015) Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pendidik dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam Unissula.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Wir Durrridlo : Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pendidik Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam pembinaan akhlak siswa di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus, sejauh mana guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan keteladanan kepada siswa di sekolah tersebut, dan apa saja kendala yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa tersebut. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam pembinaan akhlak siswa di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus, untuk mengetahui sistem pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah tersebut Subyek dari penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus, sedangkan obyek penelitian ini adalah Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam pembinaan akhlak siswa di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data : (1) observasi, untuk mencatat dan mengamati situasi dan kondisi sebenarnya guna memperoleh seluruh obyek penelitian; (2) interview, untuk mengumpulkan data tentang peran guru pendidikan agama Islam di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus; (3) dokumentasi, untuk memperoleh data-data tertulis, arsip-arsip, dan dokumen yang valid dan akurat tentang penelitian peran guru pendidikan agama Islam di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data secara induksi. Hasil penelitian memaparkan bahwa peran guru sebagai pendidik dalam pembinaan akhlak siswa di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus yaitu guru sebagai pembimbing, teladan dan penasehat. Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing yaitu : Guru membimbing jalannya doa pada awal dan akhir kegiatan pembelajaran, membimbing kegiatan keagamaan seperti istighotsah, membaca Amaul Husna secara berjamaah, dan Sholat Dhuhur berjamaah. Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan terlihat dalam kedisiplinan, berpakaian dan bergaul, guru juga melakukan senyum, salim, salam dan sapa ketika bertemu dengan guru atau murid serta berbicara dengan sopan dengan muridnya ketika berada dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Peran Guru sebagai penasehat yaitu dengan memberikan mauidhoh hasanah atau pesan yang baik kepada siswa, selain itu juga memberikan nasehat kepada siswa yang sedang mempunyai masalah baik di lingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Kata kunci : guru PAI, akhlak siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2016 04:34
Last Modified: 15 Jan 2016 04:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2430

Actions (login required)

View Item View Item