IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM KELAYAKAN PENGAJUAN KREDIT PADA BMT UMMAT SEJAHTERA ABADI JEPARA

Yusuf, Muhammad Syarifudin (2021) IMPLEMENTASI METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM KELAYAKAN PENGAJUAN KREDIT PADA BMT UMMAT SEJAHTERA ABADI JEPARA. Undergraduate thesis, Universitas Sultan Agung.

[img] Text
32601400822_fulltextpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)

Abstract

Dalam upaya tingkatkan efisiensi pengambilan keputusan dalam menganalisa informasi dari kreditur hingga dibutuhkan sistem pendukung keputusan yang mampu menolong koperasi dalam memastikan kreditur yang layak dalam memberikan pinjaman bersumber pada kriteria-kriteria yang wajib dipenuhi oleh kreditur. Masalah yang akan diselesaikan dalam penelitian ini adalah dalam pengambilan keputusan diperlukan sumber yang lebih objektif agar hasil dari keputusan dapat dipertanggungjawabkan. Pada BMT Ummat Sejahtera Abadi Jepara diperlukan adanya sistem yang dapat digunakan untuk menentukan kelayakan kredit pada anggota (nasabah) untuk meminimalisir risiko dari kredit. Tujuan dari penelitian adalah mengimplementasikan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada sistem pendukung keputusan dalam menentukan kelayakan kredit anggota koperasi yang mengajukan kredit pinjaman sehingga proses pengambilan keputusan lebih cepat, efisien dan mempunyai landasan (objektif). Berdasarkan hasil penelitian metode Analytical Hierarchy Process dapat digunakan untuk menentukan kelayakan dari nasabah yang mengajukan pinjaman. Hasil dari sistem pendukung keputusan dapat digunakan untuk membantu dalam ta pengambilan keputusan. Pengujian dilakukan menggunakan blackbox testing dan User Acceptance Test. Pengujian blackbox dan whitebox menghasilkan output yang baik sehingga tidak terdapat kekeliruan dalam implementasi coding. Untuk pengujian UAT nilai yang dihasilkan cukup baik dalam akumulasi respon dari user yang menguji sistem Kata Kunci: Koperasi, Analytical Hierarchy Process, SPK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:37
Last Modified: 13 Jul 2022 01:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24293

Actions (login required)

View Item View Item