ANALISIS SENTIMEN PADA KOMENTAR SOSIAL MEDIA INSTAGRAM LAYANAN KESEHATAN BPJS MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Karim, Ahmad (2021) ANALISIS SENTIMEN PADA KOMENTAR SOSIAL MEDIA INSTAGRAM LAYANAN KESEHATAN BPJS MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
32601400798_fulltextpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)

Abstract

Instansi Pelayan Kesehatan Pemerintah seperti BPJS Kesehatan membutuhkan feedback dari masyarakat yang merupakan sumber informasi untuk meningkatkan kinerja. Umpan balik yang didapatkan dari masyarakat tidak hanya yang bersifat positif, melainkan juga bersifat negatif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sentimen berdasarkan komentar masyarakat terhadap akun sosial media pemerintahan dengan mengklasifikasikan secara otomatis menggunakan algoritma naïve bayes classifier. Hasil implementasi dapat membantu pemilih akun menganalisis respon masyarakat terhadap suatu postingan berupa respon positive, negative atau netral. Metode klasifikasi berbasis pencocokan teks boyer moore berhasil diimplementasikan untuk melakukan klasifikasi teks komentar di postingan instagram. Metode yang diusulkan memiliki performa baik dengan akurasi mencapai 73 persen. Kata Kunci: Instagram, Text Mining, Sentiment Analysis, Naïve Bayes

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:22
Last Modified: 13 Jul 2022 01:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24286

Actions (login required)

View Item View Item