PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD

Rahmawati, Yulita (2021) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
34301700047_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada peserta didik kelas IV SDN Serangan 2, 2) Mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik kelas IV SDN Serangan 2 sebelum dan sesudah menerapkan pendekatan matematika realistik. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental design, dengan Nonequivalent Control Grup Design Populasi penelitian adalah kelas IV SDN Serangan 2 Semester 1 Tahun Pelajaran 2021/2022 berjumlah 42 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling sistematis. Sampel penelitian kelas IV SDN Serangan 2 dengan jumlah 38 peserta didik yang dibagi 2 kelas yaitu 20 peserta didik sebagai kelas kontrol dan 18 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian adalah tes uraian dengan jumlah soal 10. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data terdiri dari uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal dan uji daya beda soal), uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (independent sample t test, independent paired sample t test) Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas IV sekolah dengan nilai t hitung sebesar 16.657 dan t tabel sebesar 2,0281, maka t hitung > t tabel (2) Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika sebelum dan sesudah penerapan pendekatan matematika realistik berdasarkan nilai t hitung sebesar 38.794, sedangkan t tabel sebesar 4,451, maka t hitung > t tabel. Kesimpulannya adalah pendekatan matematika realistik berpengaruh digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas IV sekolah dasar. Kata kunci: pendekatan matematika realistik, pemecahan masalah, matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:48
Last Modified: 12 Jul 2022 01:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24245

Actions (login required)

View Item View Item