EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V DI SDN KARANGTOWO

Fitriani, Norma Shinta Andari (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V DI SDN KARANGTOWO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
34301700029_fullpdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar yang diperlukan dalam literasi matematika dalam ranah kognitif terdapat enam tingkatan kemampuan matematika siswa yaitu Menyatakan ulang sebuah konsep, Mengaplikasikan objek-objek, Memberikan contoh dan non contoh dari konsep, Menyajikan konsep, Menggunakan, memanfaatkan, memilih prosedur atau operasi tertentu, dan Mengaplikasikan konsep. Salah satu dari kemampuan matematika siswa secara umum dan khususnya di SDN Karangtowo masih tergolong rendah saat adanya pembelajaran online. Sehingga sangat diperlukan model pembelajaran online yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran online yang dapat meningkatkan pemahaman dan konsentrasi peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain pre-eksperimental design. Sampel diambil menggunakan sampel sistematis dari populasi sebanyak 76 dan diambil sebanyak 64 siswa. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui apakah terdapat efektivitas penggunaan aplikasi Quizizz dalam pembelajaran matematika terhadap pemahaman konsep siswa kelas V di SDN Karangtowo. Hasil uji normalitas data pada niliai pretest dan posttest menunjukkan bahwa berdistribusi normal. Dilihat dari Lmaks pretest 0.107 dan posttest 0.108 yang nilainya ˂ dari Ltabel yaitu 0.110. Uji hipotesis berupa uji t (paired sample t-test) menunjukkan bahwa terdapat efektivitas dilihat dari nilai Lower dan Upper bernilai negatif yaitu untuk Lower sebesar -20.31032 dan Upper sebesar -11.25218. Nilai Sig. (2-tailed) memperlihatkan angka 0.000 yang berarti ˂ 0.05 Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Aplikasi Quizizz

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:27
Last Modified: 11 Jul 2022 02:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24239

Actions (login required)

View Item View Item