HANA, NAILUL (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI BELAJAR MEMBACA BAGI SISWA KELAS I SD NEGERI SAYUNG 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) |
|
Text
34301700029_fullpdf.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi belajar membaca serta mengetahui kelayakan dan kepraktisannya. Penelitian ini di latar belakangi kurangnya pemahaman siswa terhadap materi membaca serta kurangnya referensi selain LKS atau buku paket yang digunakan oleh guru. Keterbaruan dari bahan ajar ini adalah dengan adanya aplikasi belajar membaca yang menarik. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan jenis Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Berdasarkan lima tahapan tersebut pengembangan bahan ajar aplikasi belajar membaca dihasilkan persentase kelayakan dari tiga validator sebesar 90.9%, persentase kepraktisan sebesar 84.1 % serta keefektifan dihitung dengan Uji Gain sebesar 0.35 menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada kategori “sedang‟. Berdasarkan hasil tersebut aplikasi belajar membaca dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar membaca pada siswa kelas I SD Negeri Sayung 1. Kata Kunci : Aplikasi, Belajar, Membaca
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:27 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:27 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24237 |
Actions (login required)
View Item |