PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SOL-AR (SOLAR SYSTEM AUGMENTED REALITY) PADA MUATAN PELAJARAN IPA BAGI SISWA KELAS VI SDN BETOKAN 3 DEMAK

Laila, Meyrina Eka (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SOL-AR (SOLAR SYSTEM AUGMENTED REALITY) PADA MUATAN PELAJARAN IPA BAGI SISWA KELAS VI SDN BETOKAN 3 DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
34301700029_fullpdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berpusat pada pengembangan media pembelajaan berupa aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality. Minimnya pemanfaatan dan penggunaan teknologi sebagai inovasi media pembelajaran, dan kurang mendukungnya media pembelajaran IPA khususnya mengenal sistem tata surya yang sesuai dengan perkembangan zaman menjadikan kebutuhan dikembangkannya media ini. Produk yang dikembangkan ialah Sol-AR (Solar System Augmented Reality). Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak dan praktis sehingga mudah digunakan oleh siswa dan guru. Metode penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dan dikembangkan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang menjadi uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Betokan 3 Demak. Pengujian kelayakan produk di nilai oleh dua ahli media dan satu ahli materi. Hasil penilaian kelayakan media Sol-AR oleh ahli media mendapatkan nilai persentase sebesar 89% dengan kriteria “sangat layak” dan penilaian oleh ahli materi memperoleh nilai persentase sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan pengujian kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa. dan memperoleh nilai persentase sebesar 89,3% dengan kategori “sangat praktis”. Dari hasil penilaian tersebut dapat dikatakan bahwa media Sol-AR layak dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA mengenalkan anggota sistem tata surya. Kata Kunci: Augmented Reality, Sistem Tata Surya, IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:35
Last Modified: 12 Jul 2022 01:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24234

Actions (login required)

View Item View Item