PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MELALUI GROUP WHATSAPP (WA) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS II DI SDN KANGKUNG 1

Kusuma, Karina Puspa (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MELALUI GROUP WHATSAPP (WA) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF IPA SISWA KELAS II DI SDN KANGKUNG 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
34301700021_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA di Kelas II pada saat Pembelajaran daring melalui Group Whats app. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, karena data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berasal dari data yang sudah ada, yaitu data nilai Ulangan Harian pelajaran IPA siswa Kelas II pada semester ganjil yang merupakan nilai dari pembelajaran Daring. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif Deskriptif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas II yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan datanya yaitu Angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Regresi. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa hasil Konstanta sebesar 60,632, mengandung arti bahwa konsisten variable partisipasi sebesar 60,632.Koefisien regresi X sebesar 0.212, koefisien tersebut bernilai positif , sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variable x terhadap y adalah positif. Angka tersebut berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat pengaruh hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA di Kelas II pada saat pembelajaran daring melalui group whats app di SD N Kangkung 1, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dengan demikian dapat dibuat kesimpulan bahwa penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA di Kelas II melalui Group Whats App pada saat pembelajaran daring. Kata kunci: Hasil Belajar, IPA, Pembelajaran daring, whats a

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:02
Last Modified: 13 Jul 2022 04:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24230

Actions (login required)

View Item View Item