HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA YANG SEDANG MENGHADAPI SKRIPSI DI FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Azdim, Mohammad Nor (2021) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA YANG SEDANG MENGHADAPI SKRIPSI DI FAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
30701601911_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa yang sedang menghadapi skripsi di Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan populasi mahasiswa Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang yang sedang menghadapi skripsi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan subjek penelitian 82 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dua skala, yaitu skala kecemasan terdiri dari 26 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,719. Skala kedua yaitu efikasi diri terdiri dari 27 aiterm dengan reliabilitas sebesar 0,741. Uji hipotesis menggunakan teknik korelasi Porduct moment, diperoleh skor rxy = - 0,533 dengan signifikasi = 0,000 (p<0,05)l. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi negatif yang signifikan antara kecemasan dan efikasi diri. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima dengan sumbangan efektif variabel kecemasan terhadap efikasi diri yaitu sebesar 28,4%. Kata kunci: Kecemasan, Efikasi diri, Mahasiswa, Skripsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:36
Last Modified: 13 Jul 2022 01:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24228

Actions (login required)

View Item View Item