Anifah, Himmatul (2021) PENGEMBANGAN MODUL MMP BERBASIS DIGITALPADA KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I DI SDN 02 TANGGUNGHARJO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
|
Text
34301700018_fullpdf.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan modul MMP berbasis digital pada keterampilan membaca permulaan kelas I di SDN 02 Tanggungharjo. Pelaksanaan pebelajaran membaca sebelumnya hanya menggunakan buku tematik dan menggunakan media gambar, sehingga ketertarikan siswa kurang untuk belajar membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar yang berbasis digital pada keterampilan membaca permulaan, serta untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisannya. Penelitian ini merupakan Research and Developmen (R & D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu Analysis, Design, Developmen, Implement, dan Evaluate. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan skor rata-rata 70 dengan presentase 70% dan kategori “Layak”. Kepaktisan guru memperoleh skor 42 dengan presentase 85% dan katergori “Sangat Praktis”, sedangkan kepraktisan siswa memperoleh skor 42,6 dengan presentase 84% dan kategori “Sangat Layak”, Uji coba penggunaan produk untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan mendapatkan hasil presentase 86% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa bahan ajar Modul MMP berbasis digital layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca permulaan. Kata Kunci: Modul MMP, Berbasis digital, Keterampilan membaca permulaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 01:35 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 01:35 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24226 |
Actions (login required)
View Item |