PENGEMBANGAN BUKU TEKS BACAAN BERGAMBAR SEBAGAI PENDAMPING MATA PELAJARAN IPS MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD

Nisa, Eva Khoirun (2021) PENGEMBANGAN BUKU TEKS BACAAN BERGAMBAR SEBAGAI PENDAMPING MATA PELAJARAN IPS MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
34301700015_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan serta untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan dari produk buku bergambar pada mata pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial materi interaksi manusia dengan lingkungkan. Produk buku bergambar mengenal interaksi manusia dengan lingkungan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru terkait dengan sumber referensi lain dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD). Pengembangan produk buku bergambar menggunakan prosedur penelitian pengembangan menurut Sugiyono yang berisi 10 tahapan. Sesuai dengan hal tersebut, diperoleh hasil penelitian antara lain: (1) hasil validasi dari 3 ahli diperoleh skor rata-rata 48 dengan persentase 80,00% kategori “Layak”. (2) hasil uji skala kecil respon pendidik atau guru diperoleh persentase 91,67% kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil respon peserta didik diperoleh persentase 100% dengan kriteria “Sangat Layak”. (3) uji skala besar hasil respon pendidik diperoleh persentase 93,3% kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil respon peserta didik diperoleh persentase 98,75% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. (4) uji kepraktisan hasil respon pendidik diperoleh persentase 92% kategori “Sangat Praktis”. Sedangkan hasil respon peserta didik, diperoleh persentase 90,08% kategori “Sangat Praktis”. Sesuai dengan hasil yang diperoleh, pengembangan produk buku bergambar dapat dinyatakan sangat layak dan sangat praktis untuk digunakan sebagai pendamping mata pelajaran IPS pada pembelajaran. Kata kunci: Buku bergambar, Buku pendamping, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:26
Last Modified: 11 Jul 2022 02:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24223

Actions (login required)

View Item View Item