PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI O1 GEBANG SARI PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN

Riyadiyanti, Wahyu (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI O1 GEBANG SARI PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
34301500755_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa kelas IV SD Negeri 01 Gebangsari. Berdasarkan data nilai jumlah siswa kelas IV SD Negeri 01 Gebangsari yaitu 37 siswa. Rata rata niali dari jumlah siswa yaitu 60. KKM nilai matematika yaitu 65, yang lolos KKM sebanyak 6 siswa, sedangkan yang tidak lolos KKM sebanyak 21 siswa.Dari 37 siswa ,22 siswa diantaranya mendapatakan nilai rendah. Dapat disimpulkan sebagian besar nilai mata pelajaran matematika siswa lebih rendah dibandingkan dengan nilai mata pelajaran lainya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti prestasi belajar kognitif siswa. Apakah dengan mengunakan metode tutor sebaya prestasi belajar siswa SD Negeri 01 Gebangsari dapat meningkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk metode quasi experimenta Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Paired sample t test design”. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling sistematis.. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa uji Normalitas kemudian uji paired sample t test. Hasil penelitian ini, uji normalitas nilai signifikan yaitu sebesar 0,012 > 0,05 maka data penelitian yang digunakan normal. Kemudian uji paired sample t test. Rata - rata Nilai pre test = 41,6216 nilai post test = 73,7838. . Nilai signifikan Sebesar 0,86 lebih > dari 0,05 maka dapat di simpulkan bahwa tidak ada hubungan antara pre test dan post test. diperoleh pada sig (2-tailed) = 0,000 < a = 0,05 Maka Ho ditolak. Jadi terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara menggunakan metode tutor sebaya dan tidak menggunakan metode tutor sebaya. Berdasarkan dari penelitian yang telah di laksanakan dapat di simpulkan, 1.Nilai siswa mengalami kenaikan yang signifikan. 2.Siswa lebih memahami tentang materi yang di ajarkan. 3.Siswa mudah memahami penjelasan yang di berikan oleh temannya karena temannya menggunakan Bahasa yang lebih mudah atau Bahasa mereka sendiri. 4.Siswa tidak mengalami ketegangan saat pembelajaran dimulai. 5. Pembelajaran terasa lebih menyenangkan Kata kunci: Tutor Sebaya, Prestasi Belajar, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:47
Last Modified: 12 Jul 2022 01:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24215

Actions (login required)

View Item View Item