PENGARUH METODE STRUKTUR ANALITIK SINTESIS (SAS) BERBANTU MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI NGASINAN

Inawati, Dwidara Budi (2021) PENGARUH METODE STRUKTUR ANALITIK SINTESIS (SAS) BERBANTU MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI NGASINAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
34301500671_fullpdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fungsi dari Bahasa adalah sebagai pengantar dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan atau proses belajar mengajar bahasa pengantar adalah bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di semua jenjang Pendidikan, termasuk di Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas I SD Negeri Ngasinan pada tanggal 5 Februari 2021, yang saat itu sudah memasuki semester dua. Ditemukan fakta bahwa pembelajaran membaca yang dilakukan tidak memberikan hasil yang maksimal terhadap kemampuan membaca peserta didik, sehinga peserta didik belum mampu membaca dengan baik. Upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, guru dapat melibatkan peserta didik agar aktif dalam pembelajaran sehingga mudah untuk memahami materi pembelajaran. Alternatif pembelajaran yang dapat digunakan yaitu dengan menerapkan metode Struktur Analitik Sintesis (SAS). Metode SAS merupakan salah satu metode pembelajaran yang digunakan guna membelajarkan membaca dan menulis permulaan di kelas rendah sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode struktur analitik sintesis (SAS) berbantu media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri Ngasinan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh metode struktur analitik sintesis berbantu media gambar terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik. Kata Kunci : Bahasa, SAS, Kemampuan Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:47
Last Modified: 12 Jul 2022 01:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24210

Actions (login required)

View Item View Item