PENGARUH POLA ASUH PENGASUH TERHADAP TIN KAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG IBUNYA EKERJA STUDI OBSERVASI DI TK ISLAM SALIYAN 01 PAT

Nurhayati, Wahyu Endah (2011) PENGARUH POLA ASUH PENGASUH TERHADAP TIN KAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG IBUNYA EKERJA STUDI OBSERVASI DI TK ISLAM SALIYAN 01 PAT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
092070115_FULLTEXT.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang: Pada era sekarang sering kita lihat adalah banyaknya il -ibu yang bekerja demi memenuhi kebutuhan sosial ekonomi keluarga atau sekedar memenuhi tuntutan karier. Ibu bekerja dipastikan membutuhkan pengasuh-peng ti untuk mendidik buah hatinya dengan baik. Adanya pengasuh pengganti ering kali menghadapi masalah, terutama berkaitan dengan perkembangan diri anak dan perkembangan diri anak terutama tingkat kemandiriannya tersebut sangat ipengaruhi pola asuh yang diterapkan oleh orang tua ataupun pengasuh. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan ngguakan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan obs rvasi pada kemandirian anak. Jumlah responden yang memenuhi kriteria sebany 68 orang dengan teknik total sampling. Data yang diperoleh diolah secara stati ik dengan menggunakan rum.us chi square. Hasil : Berdasarkan basil analisa diperoleh bahwa, sebagian bes karakteristik umur 20-40 tahun sebesar 70,6%, dengan karakteristik be memiliki endidikan terbanyak ggunakan ggunakan ale belum SMA sebesar 67,6% dan dengan karakterstik hubungan kekerabatan sebagai saudara sebesar 54,4%. Hasil ini juga menunjukkkan 23,5% m pola asuh otoriter, 58,8% menggunakan pola asuh otoritatif dan 17,7% m pola asuh permisif. Sebesar 63,2% anak sudah mandiri dan 36,8% mandiri. Simpulan : Ada pengaruh pola asuh pengasuh terhadap tingkat keman irian anak usia prasekolah yang ibunya bekerja (p value < 0,05). Dalam p elitan ini menyarankan untuk dapat memberikan stimulasi atau bimbingan untuk mandirian anak. Kata kunci : Pola asuh, Tingkat kemandirian anak usia prasekolah Daftar Pustaka : 21 (1991-2010)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2022 06:20
Last Modified: 08 Jul 2022 06:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24201

Actions (login required)

View Item View Item