Lailiyah, Nurul (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
|
Text
34201700004_fullpdf.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Indikator Komputasional dan Fungsional, Kecemasan Matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari kecemasan belajar siswa kelas XI. Kemampuan pemahaman konsep pada penelitian ini berfokus dua indikator pemahaman yakni pemahaman komputasional dan pemahaman fungsional. Pemahaman konsep matematis merupakan dasar dari pemahaman prinsip dan teori-teori dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep pada materi selanjutnya di dalam mempelajari matematika. Alasannya karena berdasarkan kondisi yang ada siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan suatu persoalan matematika yakni pada pemahaman konsep matematis. Karena kurangnya kemampuan siswa dalam pemahaman konsep berdampak pada siswa di dalam mempelajari matematika hanya menggunakan hafalan rumus dan hanya mengikuti setiap langkah yang diajarkan oleh guru tanpa memahami bagaimana konsep dalam menyelesaikannya. Jenis penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan analisa data secara deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi kemudian pada analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Siswa dengan kecemasan tinggi pada pemahaman konsep matematis yaitu pada pemahaman komputasional berfokus pada inti dari permasalahan matematika. Siswa mampu menerapkan metode eliminasi dengan baik, tetapi siswa kurang teliti dalam perhitungan metode, siswa juga tidak menuliskan nama metode yang digunakan. Siswa kurang terstruktur dalam mengerjakan perhitungan. Kurangnya fokus pada diri siswa yang menjadikan siswa kurang tepat pada hasil akhir. Dan pada pemahaman fungsional siswa cenderung menerapkan salah satu dari indikator. Siswa belum memahami bagaimana dalam membuktikan kesesuaian metode yang digunakannya sehingga menjadikan siswa hanya menuliskan kesimpulan hasil. (2) Siswa dengan kecemasan sedang pada pemahaman konsep matematis yaitu pada pemahaman komputasional siswa terstruktur dalam menyelesaikan permasalahan SPLDV. Siswa dengan baik menyelesaikan metode eliminasi. Namun, siswa tidak menuliskan nama metode yang digunakan. Siswa runtut dan teliti dalam metode substitusi. Hanya saja siswa tidak menuliskan nama metode yang digunakan. dan pada pemahaman fungsional siswa hanya membuat salah satu dari tahapan didalam indikator. Siswa mampu membuat model matematika meskipun tanpa adanya permisalan variabel sebelumnya. Siswa cenderung hanya menuliskan kesimpulan tanpa membuktikan kebenaran atau kesesuaian dari metode yang digunakan. (3) Siswa dengan kecemasan rendah pada pemahaman konsep matematis yaitu pada pemahaman komputasional siswa terstruktur dalam menyelesaikan tahap awal pada permaslahan SPLDV. Siswa mampu menggunakan metode eliminasi dengan baik dan benar dalam perhitungannya. Siswa dalam menyelesaikan metode substitusi mampu mengerjakan dengan runtut dan teliti. Dan pada pemahaman fungsional siswa penuh teliti memahami konsep dari permasalahan matematika yang ada, dan dalam membuat permisalan variabel yang kemudian siswa membuat model matematika dari persamaan. Siswa mampu dengan baik membuktikan kesesuaian metode yang digunakan, setelah itu siswa menyimpulkan hasil yang di dapat dari perhitungan soal tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:23 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24200 |
Actions (login required)
View Item |