Pengaruh Family Empowerment terhadap Familiy Support pada Penderita Diabetes Millitus Tipe-2 di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang

Luthfa, Iskim (2015) Pengaruh Family Empowerment terhadap Familiy Support pada Penderita Diabetes Millitus Tipe-2 di Puskesmas Bangetayu Kota Semarang. Masters thesis, Universitas Padjajaran.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Diabetes Mellitus merupakan penyakit kronik yang akan diderita seumur hidup. Penderita DM tipe-2 dianjurkan melakukan perawatan diri secara rutin untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih parah. Perawatan diri yang dilakukan secara rutin akan menimbulkan perasaan bosan dan jenuh sehingga menyebabkan penderita DM tipe 2 tidak disiplin melakukan perawatan diri. Dukungan keluarga sangat membantu penderita DM tipe 2 untuk tetap disiplin melakukan perawatan diri. Namun tidak semua keluarga mampu memberikan dukungan secara efektif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitis, dengan jumlah sampel sebanyak 56 responden. Analisis data menggunakan Model RASCH (Rasch Measurement Model). Instrument untuk mengetahui family support menggunakan kuesionair Hensarling Diabetes Family Support Scale (HDFSS). Hasil penelitian ini menunjukkan family support kepada penderita DM tipe 2 sebagian besar rendah (67,9%), dengan bentuk dukungan yang paling mudah diberikan yaitu berkaitan dengan support emosional (-4,05) dan dukungan yang paling sulit diberikan yaitu berkaitan dengan support informasi (1,71). Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penanganan penyakit DM memerlukan dukungan keluarga (family support), sehingga perlu disusun strategi intervensi untuk meningkatkan family support. Kata kunci : Family Support, Diabetes Mellitus tipe-2, RASCH MODEL.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan > Penelitian Dosen
Depositing User: Referensi
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:33
Last Modified: 12 Jul 2022 07:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24191

Actions (login required)

View Item View Item