PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN METODE BLENDED LEARNING BAGI SISWA KELAS X SMA/SMK

Utami, Noviana Putri (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK DIGITAL PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN METODE BLENDED LEARNING BAGI SISWA KELAS X SMA/SMK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

Kata Kunci : Bahan Ajar, Komik Digital, Teks Anekdot, Metode Blended Learning. Berdasarkan observasi awal di lapangan bahwa guru mengalami kesulitan dalam penyusan bahan ajar untuk siswanya, apalagi dimasa pandemik seperti ini, pembelajaran dilakukan secara online dimana guru sangat kecil peluangnya untuk berinteraksi secara langsung kepada siswa. Selama ini ketika guru mengajar hanya mengandalkan buku LKS dan buku paket saja. Hal ini disebabkan materi yang ada pada bahan ajar hanya dituliskan secara garis besar dalam bentuk materi pokok. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru (2) Mendeskripsikan penyusunan prototipe (3) Mendeskripsikan penilaian ahli (4) Mendeskripsikan perbaikan bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D) dengan prosedur yang dilakukan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi prototipe. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa SMA/SMK untuk meperoleh data kebutuhan dan ahli validasi pada bidang bahan ajar komik digital pada teks anekdot untuk memperoleh uji produk. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu 1) teknik wawancara, 2) teknik angket, dan 3) teknik angket uji validasi. Data tersebut dikumpulkan lalu dianalisis menjadi dua yaitu data analisis kebutuhan dan data uji validasi. Prototipe bahan ajar komik digital yang telah dikembangkan kemudian diuji validasi oleh ahli. Adapun hasil penelitian yang diperoleh , yaitu penelian aspek materi sebanyak 87,5. Penilaian aspek bahasa sebanyak 91,6. Penilaian aspek visual sebanyak 93,7, dan aspek keterpaduan sebanyak 83,3. Secara keseluruhan prototipe bahan ajar komik digital pada teks anekdot dengan metode blended learning masuk dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:19
Last Modified: 13 Jul 2022 01:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24187

Actions (login required)

View Item View Item