Pengaruh Komunitas Praktisi Pembimbing Klinik terhadap Peran Pembimbing Klinik dalam Pelaksanaan Program Keselamatan Pasien oleh Mahasiswa

Sari, Dyah Wiji Puspita (2015) Pengaruh Komunitas Praktisi Pembimbing Klinik terhadap Peran Pembimbing Klinik dalam Pelaksanaan Program Keselamatan Pasien oleh Mahasiswa. Masters thesis, Universitas Indonesia.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah keselamatan pasien yang ditimbulkan oleh mahasiswa dapat menimbulkan berbagai dampak yang merugikan bagi pasien. Pembimbing klinik berperan penting dalam membimbing mahasiswa dalam pelaksanaan program keselamatan pasien. Komunitas praktisi pembimbing klinik ditengarai mampu meningkatkan peran pembimbing klinik dalam program keselamatan pasien oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh komunitas praktisi pembimbing klinik terhadap peran pembimbing klinik dalam program keselamatan pasien oleh mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan desain pre experimental dengan sampel sebanyak 36 mahasiswa profesi Ners yang sedang praktik di ruang rawat inap RSISA yang mendapatkan bimbingan dari pembimbing klinik yang mengikuti komunitas praktisi pembimbing klinik. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh komunitas praktisi pembimbing klinik terhadap peran pembimbing klinik dalam pelaksanaan program keselamatan pasien oleh mahasiswa p < 0,001. Penelitian ini merekomendasikan perlunya keterlibatan pembimbing klinik dari institusi pendidikan untuk menjadi bagian dari komunitas praktisi pembimbing klinik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan > Penelitian Dosen
Depositing User: Referensi
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:33
Last Modified: 12 Jul 2022 07:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24185

Actions (login required)

View Item View Item