PEMAHAMAN MASYARAKAT PADA PENGGUNAAN ABREVIASI DALAM KOLOM BERITA PANDEMI KORAN DIGITAL JAWA POS EDISI AGUSTUS-NOVEMBER 2020

Khoirunnisa, Khoirunnisa (2021) PEMAHAMAN MASYARAKAT PADA PENGGUNAAN ABREVIASI DALAM KOLOM BERITA PANDEMI KORAN DIGITAL JAWA POS EDISI AGUSTUS-NOVEMBER 2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
34101700007_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Setiap mahkluk di muka bumi ini mempunyai cara masing-masing untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Manusia pun begitu yang diciptakan sebagai mahkluk yang paling cerdas di antara mahluk lainnya. Kecerdasannya tersebut membuat manusia menggunakan bahasa tertentu dengan penggunaan istilah yang bertujuan untuk mempermudah komunikasi. Maka munculah penggunaan abreviasi sebagai salah satu bentuk media untuk mengikuti keinginan masyarakat dalam mempermudah berkomunikasi. Abreviasi yang sering digunakan masyarakat tersebut membuat penelitian ini ingin mengetahui tentang penggunaan abreviasi pada koran digital yang menjadi salah satu media penyampai informasi kepada masyarakat. Dalam penelitian ini untuk mengetahui penggunaan abreviasi masyarakat dipilih objek penelitian kolom berita pandemi koran digital Jawa Pos edisi bulan Agustus-November 2020. Melalui objek tersebut dipilihlah judul skripsi Pemahaman Masyarakat pada penggunaan abreviasi dalam kolom berita pandemi koran digital Jawa Pos edisi Agustus-November 2020. Judul tersebut dipilih guna mengetahui penggunaan jenis, proses, dan pemahaman abreviasi masyarakat pada objek penelitian tersebut. Pada penelitian memakai metode deskriptif kualitatif. Dengan langkah penelitian mencari jenis serta proses abreviasi pada objek yang datanya diolah dalam kartu data dengan teori yang digunakan yaitu teori pembagian abreviasi milik Kridalaksana. Serta menanyakan pemahaman masyarakat tentang penggunaan abreviasi pada data yang ditemukan dalam objek melalui angket yang disebar di media sosial. Penelitian ini menhasilkan atau ditemukan 5 jenis abreviasi yaitu 119 singkatan, 1 penggalan, 59 akronim, 1 kontraksi dan 3 lambang huruf dengan jumlah data keseluruhan 183 . Dengan proses abreviasi, 6 proses abreviasi pada singkatan, 1 proses abreviasi pada penggalan, 6 proses abreviasi pada akronim, 1 proses abreviasi pada kontraksi, dan 2 proses abreviasi pada lambang huruf. Dan pemahaman masyarakat pada penggunaan abreviasi di kolom berita pandemi koran digital Jawa Pos dengan presentase 45% orang dan perempuan lebih memiliki pemahaman baik dari pada laki-laki.. Kata Kunci : berita pandemi, koran digital Jawa Pos, abreviasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:18
Last Modified: 13 Jul 2022 01:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24183

Actions (login required)

View Item View Item