Makna Kehidupan Klien dengan Diabetes Melitus Kronik di Kelurahan Bandarharjo Semarang Sebuah Studi Fenomenologi

Rochmawati, Dwi Heppy (2011) Makna Kehidupan Klien dengan Diabetes Melitus Kronik di Kelurahan Bandarharjo Semarang Sebuah Studi Fenomenologi. Masters thesis, Universitas Indonesia.

[img] Text (Artikel Publikasi)
10. Makna Kehidupan Klien dengan Diabetes Melitus Kronik di Kelurahan Bandarharjo Semarang Sebuah Studi Fenomenologi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)

Abstract

Abstract Penelitian ini membahas bagaimana klien Diabetes Melitus memberikan makna kehidupan dalam kondisi sakitnya. Tujuan dalam penelitian ini menguraikan persepsi, respon psikososial, kebutuhan penatalaksanaan, harapan dan makna kehidupan klien. Penelitian kualitatif dengan desain deskriptif . Hasil penelitian menemukan tujuh tema besar yang sesuai dengan tujuan penelitian dan satu tema tambahan yaitu beban yang dihadapi klien. Kesimpulannya makna kehidupan klien didapatkan dalam kondisi penderitaan dan pendalaman nilai spiritual. Penelitian ini menyarankan penggunaan model Adaptasi Roy dalam pengembangan teori keperawatan khususnya masalah psikososial; tersusunnya format pengkajian psikososial sebagai panduan mengidentifikasi masalah psikososial di keluarga, rumah sakit maupun masyarakat. Kata Kunci : makna kehidupan, diabetes melitus, kualitatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan > Penelitian Dosen
Depositing User: Referensi
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:33
Last Modified: 12 Jul 2022 07:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24174

Actions (login required)

View Item View Item