Analisis Praktik Residensi Keperawatan Medikal Bedah pada Gangguan Sistem Neurologi: Meningitis Tuberkulosis Menggunakan Pendekatan Model Adaptasi Roy di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

Suyanto, Suyanto (2017) Analisis Praktik Residensi Keperawatan Medikal Bedah pada Gangguan Sistem Neurologi: Meningitis Tuberkulosis Menggunakan Pendekatan Model Adaptasi Roy di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Masters thesis, Universitas Indonesia.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Peran perawat spesialis diperlukan untuk peningkatan kualitas pelayanan asuhan keperawatan yang kompleks dan akurat sebagai pemberi asuhan keperawatan tingkat lanjut kasus neurosain, pendidik, advokat, serta agen pembaharu melalui penerapan evidence based nursing (EBN) dan proyek inovasi. Asuhan keperawatan tingkat lanjut menggunakan teori Adaptasi Roy yaitu pengelolaan pasien meningitis tuberkulosis sebagai kasus utama dan 30 resume gangguan sistem neurologi. Teori Roy banyak bertujuan meningkatkan perilaku adaptif dan mengubah perilaku inefektif. Diagnosis keperawatan yang paling banyak ditemukan pada pasien gangguan sistem neurologi adalah ketidakefektifan perfusi jaringan serebral dan hambatan mobilitas fisik. Penerapan EBN dilakukan pada pasien stroke yang mengalami disfagia. Pasien diberikan latihan menelan shaker exercise hasilnya menunjukkan peningkatan kemampuan menelan dan tidak terjadi aspirasi. Proyek inovasi kelompok menerapkan Pengembangan Media Edukasi Perawatan Pasien Brain Tumor Craniotomy. Penerapan proyek inovasi meningkatkan pengetahuan pasien, keterampilan pasien latihan napas dalam dan mobilisasi setelah operasi, dan menambah kepercayaan diri perawat saat memberikan edukasi. Pengalaman praktik residensi diharapkan menambah kompetensi dan peran perawat spesialis di lahan klinik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan > Penelitian Dosen
Depositing User: Referensi
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:32
Last Modified: 12 Jul 2022 07:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24164

Actions (login required)

View Item View Item