Pengaruh Pemberian Paket Pendidikan Kesehatan tentang Kebersihan Diri terhadap Tanda dan Gejala IMS pada Perempuan di Wilayah Semarang

Wuriningsih, Apriliani Yulianti (2015) Pengaruh Pemberian Paket Pendidikan Kesehatan tentang Kebersihan Diri terhadap Tanda dan Gejala IMS pada Perempuan di Wilayah Semarang. Masters thesis, Universitas Indonesia.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Infeksi menular seksual merupakan salah satu masalah kesehatan perempuan yang berdampak besar terhadap kesehatan reproduksi. Perempuan dituntut untuk menjaga kebersihan diri khususnya kebersihan genitalia sebagai alat reproduksi utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pendidikan kesehatan kebersihan diri terhadap tanda dan gejala IMS. Penelitian ini menggunakan disain eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel menggunakan konsekutif pada 84 responden yang terbagi dalam kelompok kontrol dan intervensi. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner tanda dan gejala IMS. Hasil penelitian menunjukkan pendidikan kesehatan mengurangi tanda dan gejala infeksi menular seksual (p = 0,008). Pemberian pendidikan kesehatan direkomendasikan di pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kesehatan reproduksi perempuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan > Penelitian Dosen
Depositing User: Referensi
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:32
Last Modified: 12 Jul 2022 07:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24161

Actions (login required)

View Item View Item