Pengaruh Terapi Kognitif terhadap Harga Diri Remaja yang Menjadi Korban Bullying

Febriana, Betie (2016) Pengaruh Terapi Kognitif terhadap Harga Diri Remaja yang Menjadi Korban Bullying. Masters thesis, Universitas Brawijaya.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract Bullying memberikan efek negatif pada korbannya terutama remaja. Beberapa penelitian menyebutkan efek yang paling besar adalah menurunnya harga diri korban. Studi sebelumnya menemukan bahwa harga diri rendah merupakan faktor penyebab utama yang berakibat pada buruknya performa remaja di sekolah baik prestasi maupun perilaku mereka. Oleh karena itu, dibutuhkan terapi untuk meningkatkan harga diri remaja. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh terapi kognitif pada harga diri remaja korban bullying. Desain pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan rancangan True Experimental Pre-Post Test With Control Group. Jumlah sampel sebanyak 17 responden pada masing-masing kelompok dengan teknik simple random sampling. Penulis menggunakan aspek kognitif, afektif, perilaku, sosial, dan fisik sebagai tanda dan gejala harga diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan harga diri antara sebelum dan sesudah terapi pada kelompok perlakuan (nilai p=0,001). Sedangkan, pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan harga diri antara sebelum dan sesudah terapi (nilai p= 0,564 ). Terdapat perbedaan antara kelompok kontrol dan perlakuan setelah diberikan terapi kognitif (nilai P=0,031 ),artinya ada pengaruh pemberian terapi kognitif terhadap harga diri remaja korban bullying. Temuan lain dalam penelitian ini adalah bahwa aspek kognitif (OR=5,25) merupakan aspek harga diri yang paling kuat hubungannya dengan terapi kognitif dan yang paling lemah adalah aspek sosial (1,63) sehingga dibutuhkan terapi lain sebagai terapi pelengkap untuk meningkatkan aspek sosial

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan > Penelitian Dosen
Depositing User: Referensi
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:32
Last Modified: 12 Jul 2022 07:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24159

Actions (login required)

View Item View Item