ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERAJINAN KAYU EBONI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus di CV.SUMBER URIP EBONI)

Dinata, Cakra Rifky (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERAJINAN KAYU EBONI MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) (Studi Kasus di CV.SUMBER URIP EBONI). Undergraduate thesis, Universitas Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
31601700023_fullpdf.pdf

Download (6MB)

Abstract

CV.Sumber Urip Eboni merupakan usaha keluarga yang bergerak dibidang kerajianan kayu eboni dan produk yang dijual di CV.Sumber Urip Eboni berupa furniture dan souvenir. Berdasarkan dari data Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Palu bahwa jumlah industri kerajinan kayu eboni yang aktif dari tahun tahun 2019 ke tahun 2020 mengalami penurunan selain itu juga jumlah produk yang terjual oleh CV.Sumber Urip Eboni mengalami penurunan dari tahun 2019 ke tahun 2020. Metode SWOT digunakan untuk menganalisis secara gamblang mengenai peluang serta ancaman internal serta eksternal yang dihadapi perusahaan juga dapat untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya sehingga memunculkan alternatif strategi pemasaran baru. Matriks QSPM merupakan teknik analisis dalam literature yang didesain untuk menentukan daya tarik relatif dari berbagai tindakan alternatif. Pada tahap pertama yaitu menentukan dan menganalisis matrix IFE dan EFE untuk menentukan total score tertimbang pada setiap faktor internal dan eksternal. Adapun total score nilai tertimbang matrix IFE sebesar 2,9027 sedangkan total score tertimbang matrix EFE sebesar 2,8081. Setelah diketahui total nilai tertimbang kedua matrix tersebut langkah selanjutnya membuat matrix grand strategi untuk mengetahui posisi dan strategi yang dapat diterapkan sesuai dengan posisi perusahaan. Pada matrix grand strategi ini diperoleh bahwa CV.Sumber Urip Eboni berada pada kuadran 1 (IFE =2,9027, EFE= 2,8081) dan jika berada pada kuadran tersebut dengan demikian maka beberapa pilihan strategi yang dapat diambil yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk dan selanjutnya matrix SWOT yang akan menghasilkan alternatif strategi kemudian dari analisis matrix grand strategi dapat menarik kesimpulan untuk menggunakan strategi yang paling menarik menggunakan QSPM. Dari hasil matrix QSPM bahwa dapat disimpulkan strategi yang dapat digunakan adalah menjaga hubungan baik dengan pemerintah daerah dan menambah saluran distribusi, membuka pemesanan produk kerajinan secara online dengan memanfaatkan E-Commerce yang ada di Indonesia dan menjaga loyalitas konsumen dengan menyediakan layanan pesan antar dan COD dengan menggunakan ojek online. Dari hasil tersebut menunjukkan strategi tersebut yang paling disukai atau diminati oleh responden pakar yang berasal dari internal CV.Sumber Urip Eboni. Kata Kunci : CV.Sumber Urip Eboni, SWOT, TAS, QSPM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:18
Last Modified: 11 Jul 2022 02:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24134

Actions (login required)

View Item View Item