ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PT PIJAR SUKMA DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM, ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP), DAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX)

Afifah, Afifah (2021) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PT PIJAR SUKMA DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM, ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP), DAN OBJECTIVE MATRIX (OMAX). Undergraduate thesis, Universitas Sultan Agung.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
31601700005_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

PT. Pijar Sukma merupakan perusahaan industri furniture, yang terletak di Jepara Jawa Tengah. PT. Pijar Sukma mengalami permasalahan permintaan pemesanan pelanggan tidak dapat terpenuhi sesuai target produksi. Sehingga perusahaan membutuhkan alat yang dapat mengukur kinerja. Penelitian ini menggunakan metode performance prism yang melibatkan stakeholder sehingga dapat membentuk sisi dari prisma yaitu kepuasan, kontribusi, strategi, proses, dan kapabilitas. Dari metode tersebut digunakan untuk menyusun Key Performance Indicator (KPI) dihasilkan 30 KPI berdasarkan kepuasan dan kontribusi dalam rancangan yang telah disusun terdapat 10 KPI strategi, 10 KPI proses, dan 10 KPI kapabilitas dijadikan pembobotan melalui metode Analytical Hierarchy Process (AHP) selanjutnya scoring dengan OMAX untuk memberikan nilai aktual dengan skor 1-10 pada setiap KPI dan traffic light system sebagai pemberian warna yaitu warna hijau berarti sangat baik/target sesuai maksimal, warna kuning cukup baik/target belum mencapai maksimal, dan warna merah berarti buruk/target belum maksimal. Hasil pengolahan dan perhitungan didapatkan nilai indeks performansi perusahaan sebesar 2,836 dikategorikan berwarna merah dengan nilai aktual 3,00 artinya perusahaan sudah melakukan pencapaian rencana pengukuran kinerja namun belum mencapai target yang telah ditetapkan sehingga perusahaan dapat mempertahankan kinerja yang baik dan melakukan perubahan kinerja yang buruk dengan memperbaiki kinerja yang berwarna merah. Kata Kunci : Key Performance Indicators (KPI), Performance Prism, Analytical Hierarchy Process (AHP), Objective Matrix (OMAX), dan Traffic Light System.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2022 09:54
Last Modified: 08 Jul 2022 09:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24131

Actions (login required)

View Item View Item