PENGENDALIAN PERSEDIAAN PRODUK IKAN ASIN MENGGUNAKAN METODE EOQ UNTUK MEMINIMUMKAN TOTAL BIAYA PERSEDIAAN ( Studi kasus : CV. Roni Jaya )

Saputro, Moh. Rohman Edy (2021) PENGENDALIAN PERSEDIAAN PRODUK IKAN ASIN MENGGUNAKAN METODE EOQ UNTUK MEMINIMUMKAN TOTAL BIAYA PERSEDIAAN ( Studi kasus : CV. Roni Jaya ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
31601601313_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

CV. Roni Jaya merupakan perusahaan yang melakukan pemesanan produk ikan asin, yang digunakan sebagai bahan baku dalam kegiatan perdagangannya, dan memerlukan suatu perencanaan persediaan bahan baku yang paling ekonomis. Persediaan bahan baku merupakan salah satu faktor yang penting dalam aktivitas bisnis CV. Roni Jaya. Namun selama ini perusahaan seringkali mengalami kekurangan persediaan dan juga mengalami kelebihan persediaan. Dengan adanya kekurangan persediaan, maka perusahaan tidak dapat memperoleh keuntungan yang maksimal untuk penjualan. Sedangkan jika persediaan mengalami kelebihan, perusahaan akan mengeluarkan biaya yang lebih akibat banyaknya jumlah ikan asin yang disimpan dan biaya operasional yang ditimbulkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan perencanaan persediaan dengan pendekatan menggunakan metode peramalan permintaan yang tepat dan Economic Order Quantity (EOQ). Dengan menggunakan metode Single Exponential Smoothing untuk ikan asin layang, Additive Decompotion untuk ikan asin teri jengki dan Multiplicative Decompotion untuk ikan asin lemuru. EOQ ini dapat menurunkan biaya yang ditimbulkan dari pemesanan barang dari pemasok, mulai dari biaya pemesanan dan biaya penyimpanan. Jika dibandingakan dengan kebijakan perusahaan sebelumnya, memiliki selisih total biaya persediaan sebesar Rp. 23.423.409,02, yang meliputi ikan layang Rp. 10.408.852,67, ikan teri jengki Rp. 5.540.366,00, ikan lemuru Rp. 7.474.190,35. Dengan demikian, penggunaan metode EOQ mampu menurunkan atau menghemat biaya yang ditimbulkan dari adanya pengadaan persediaan produk ikan asin dan dapat menambah keuntungan bagi perusahaan. Kata Kunci : Pengendalian persediaan, Peramalan, EOQ, ROP, safety stock.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:53
Last Modified: 13 Jul 2022 01:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24121

Actions (login required)

View Item View Item