ANALISIS PENGUKURAN BEBAN KERJA DAN JUMLAH TENAGA KERJA DENGAN METODE WORKLOAD ANALYSIS (WLA) PADA BAGIAN PRODUKSI di UD. APEL MERAH

Mukti, Galih Candra (2021) ANALISIS PENGUKURAN BEBAN KERJA DAN JUMLAH TENAGA KERJA DENGAN METODE WORKLOAD ANALYSIS (WLA) PADA BAGIAN PRODUKSI di UD. APEL MERAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
31601601282_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

UD. Apel Merah merupakan suatu perusahaan garam yang terletak di Desa Purworejo Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang. UD. Apel Merah membuat produk dari bahan baku sampai produk jadi yang terdiri dari dua produk yaitu garam briket dan garam halus. Di UD Apel Merah memiliki 2 mesin cetak garam, saat ini capaian maksimal hanya mampu memproduksi garam briket sebanyak 2767 pcs/hari 11068 pcs/minggu dengan kemampuan produksi 2 mesin cetak garam sebanyak 3500 - 4000 pcs/hari, mesin yang digunakan juga sederhana masih memerlukan beberapa pekerja untuk mengoperasikan 1 mesin. Pada pengoprasian mesin terdapat pekerja yang harus melakukan pekerjaan dobel ini sangat mengurangi fokus pada pekerjaan utamanya sehingga terdapat beberapa garam yang rusak saat di cetak. Permasalahan itu dapat diatasi dengan melakukan perhitungan kebutuhan pekerja berdasarkan beban kerja dengan menggunakan metode Workload Analysis (WLA) dengan memperhatikan aspek penyesuaian performa ratting dan allowance, lalu dilakukan rekomendasi biaya produksi. Dari hasil penelitian, metode Workload Analysis (WLA) pada pengukuran kebutuhan tenaga kerja di setiap stasiun kerja terjadi perubahan jumlah tenaga kerja pada proses iodasi 2 pekerja dengan beban kerja awal 107% dengan perhitungan Workload Analysis 2,14 maka kebutuhan pekerja pada proses penyelepan menjadi 3 orang beban kerja menjadi 71%. Pada proses pencetakan 5 pekerja dengan beban kerja awal 102% dengan perhitungan Workload Analysis 5,11 maka kebutuhan pekerja pada proses penyelepan menjadi 6 orang beban kerja menjadi 85%, , usulan biaya produksi dengan capaian jumlah produksi 16.464 pcs/minggu maka keuntungan yang di dapat akan naik 43% menjadi Rp.6.076.200,00 yang awalnya Rp 4.247.889,00. Dengan perhitungan kebutuhan tenaga kerja dan biaya produksi dapat menjadi pertimbangan kepala produksi dalam menerapkannya di UD Apel Merah. Kata kunci : UD. Apel Merah, WLA (Workload Analysis), Beban Kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jul 2022 01:46
Last Modified: 12 Jul 2022 01:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24119

Actions (login required)

View Item View Item