ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PERILAKU YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN PENGGUNA JASA BUS P.O ROSALIA INDAH JURUSAN SOLO - LAMPUNG

Yulianto, Agus (2003) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PERILAKU YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN PENGGUNA JASA BUS P.O ROSALIA INDAH JURUSAN SOLO - LAMPUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
06986194_Fullteks.pdf

Download (24MB)

Abstract

Dilihat dari perkembangannya pada saat ini sarana transportasi khususnya transportasi darat mengalami suatu peningkatan yang sangat pesat, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Pada segi kualitas dapat dihihat dari semakin membaiknya pelayanan, kesesuaian tanif dan fasilitas yang dibenikan kepada konsumen. Dari Segi kuantitas misalnya semakin bertambahnya armada kendaraan yang tersedia bagi konsumen sehingga akan sebanding dengan banyaknya konsumen yang akan menggunakan jasa transportasi tersebut Sehingga dengan kondisi tersebut diatas penulis tertanik untuk melakukan penelitian dengan judul Analisis Faktor-faktor Perilaku yang Mempengaruhi konsumen Pengguna Jasa Bus P.0. Rosalia Indah Jurusan Solo - Lampung.” Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh pelayanan terhadap perilaku konsumen pengguna jasa bus PO. Rosalia Indah, Adakah pengaruh tanif terhadap perilaku konsumen pengguna jasa bus P.O Rosalia Indah; Adakah pengaruh fasilitas keamanan terhadap penilaku konsumen pengguna jasa bus P.O. Rosalia Indah, Adakah pengaruh fasilitas kendaraan terhadap perilaku konsumen pengguna jasa bus P.O Rosalia lndah Adakah pengaruh antara pelayanan, tanif, fasilitas kearanan dan fasilitas kendaraan terhadap perilaku konsumen pengguna jasa bus P.O. Rosalia lndah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanasi (explanatory research) yaitu penelitian yang digunakan untuk mengun pengaruh antar variable yang akan diuji kebenarannya, apakah sesuatu variabel dipengaruhi atau tidak oleh variabel lainnya Sedangkan sampelnya adalah semua orang yang menggunakan jasa P.O. Rosalia Indah yang kebetulan ditemui peneliti pada jam dan tanggal yang ditentukan oleh peneliti, pengambilan sampel tersebut dengan menggunakan metode accidental Sampling dan sampel dalam penehitian ini sebanyak 100 responden. Dalarn analisa data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh jawaban responden terhadap questionare yang disebarkan, lalu dianalisis dengan menggunakan alat analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F Adapun hasil analisisnya diperoleh sebagai benikut: I. Bentuk persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y=0.111+0.190X1+0.119X2+0.439X3+0.134X4 2. Hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa: a Variabel pelayanan secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen, dengan milai t hitung= 4607> t tabel (I,98), dengan signifikansi pengujvan sebesar 0,000 < 0,05 b. Variabel tarif secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen, dengan nilai t hitung = 2.408 > t table (1.98), dengan signifikansi pengujian sebesar 0,018< 0,05 . c. Variabel fasilitas keamanan secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen, dengan nilai t hitung =5,452>1 tabel (1,98), dengan signifikansi pengujian sebesar 0,000 < 0,05 d. Variabel fasilitas kendaraan secara parsial mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen, dengan nilai t hitung= 2220> t tabel (1,98), dengan signifikansi pengujian sebesar 0,029 < 0,05 e. Secara simultan variabel pelayanan, tarif, fasilitas keamanan dan fasilitas kendaraan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku konsumen, dengan nilai uji F =37,068 > F tabel (2,63) dan dengan signifikansi pengujian sebesar 0,000 < 0,05 3. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien diterminasi ( R square) sebesar 0,609. Hal ini berarti bahwa 60,9% perilaku konsumen dipengaruhi oleh variabel pelayanan, tanif, fasilitas keamanan dan fasilitas kendaraan, sedangkan sisanya perilaku konsumen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:06
Last Modified: 11 Jul 2022 02:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24109

Actions (login required)

View Item View Item