HUBUNGAN ANTARA ASERTIFITAS DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA - SISWI MADRASAH ALIYAH NURUL ULUM MRANGGEN DEMAK.

Amrullah, Muhammad Taufiq (2004) HUBUNGAN ANTARA ASERTIFITAS DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA - SISWI MADRASAH ALIYAH NURUL ULUM MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
07990049_Fullteks.pdf

Download (16MB)

Abstract

Semua kegiatan dan prestasi hidup manusia tidak lain adalah hasil dari belajar. Belajar berlangsung secara aktif dan terarah dengan menggunakan berbagai bentuk perbuatan untuk mencapai suatu tujuan atau suatu hasil yang dinamakan prcstasi dalam dunia pendidikan Dalam pendidikan formal, prestasi belajar menunujukkan adanya perbahan yang positif, sehingga pada taraf akhirakan didapat ketrampilan, kccakapan dan pengetahuan baru. Tingkat keberhasilan siswa yang icapai scorang siswa mclalui belajar di sckolah sesuat dcngan knteria yang berlaku yang berlaku dan hasil yang dicapai tersebut adalah berupa angka­ angka yang tercantum dalam raport disebut dengan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara aserifitas dengan Prestasi Belajar Pada Siswa-Siswi Kelas II Madrasah Aliyah Nurul Ulum Mranggen Kabupaten Demak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalahasertifitas, sedangkan variabel tergantung adalah prestasi belajar Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa-siswi Kelas II Madrasah Aliyah Nurul Ulum Mranggen Kabupaten Demak. Jumlah siswa yang mcnjadi sampel dalam penelitian imi berjumlah 60 orang Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dan dokumentasi. Skala digunakan untuk memperoleh data variabel ascruifitas sedangkan dokumntasi yang berbentuk raport dgunakan untuk memperoleh data variabel prestasi belajar. Untuk menganalisis data digunakan tekmik anahisis korcelasi Product Moment dengan memanfaatkan progam SPSS rehase 11, 00. Hasil perhitungan dari korelasi Product Moment diperoleh koefisien korelasi sebesar = 0,0I, heal ini menunjakkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, yattu ada hubungan positif antara ascrtifitas dengan prestasi belajar pada Siswa-siswi Madrasah Aliyah Nurul Ulum Mranggen Kabupaten Demak. Semas.in tinggi perilaku asertif Siswa-siswi Madrasah Aliyah Nurul Ulum Mranggen Kabupaten < 0, 389 dengan p maka akan semakin tinggi pula prestasi belajanya, dan begitu juga sebaltknya scmakin rendah perilaku aserf Siswa­ siswi Madrasah Aliyah Nurul Demak Mranggen Kabupaten Demak maka akan semakin rendah pula prestasi belajamya Ullum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi
Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Jul 2022 09:51
Last Modified: 08 Jul 2022 09:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/24107

Actions (login required)

View Item View Item